Liga Indonesia

Dokter Persebaya Pantau M Syaifuddin Latihan Perdana Usai Operasi

Sabtu, 13 Juni 2020 16:15 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pemain klub Liga 1 2020, Persebaya Surabaya, M Syaifuddin, menjalani latihan perdana usai operasi. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pemain klub Liga 1 2020, Persebaya Surabaya, M Syaifuddin, menjalani latihan perdana usai operasi.

INDOSPORT.COM - Pemain klub Liga 1 2020, Persebaya Surabaya, M Syaifuddin, melakukan latihan perdana usai operasi lutut. Saat latihan, dia masih harus dipantau dokter tim untuk memastikan jika latihan yang dia lakukan benar.

Latihan perdana pemain jebolan SAD, Uruguay itu berlangsung di apartemen klub Puncak Marina, Surabaya. Dokter tim, Pratama Wicaksana, mengatakan ada beberapa tahapan yang harus dilakukan pada saat latihan perdana.

"Jadi proses rehabilitasi untuk operasi ACL itu meliputi latihan penguatan otot dan persiapan untuk proses return to sport," kata dokter Persebaya, Pratama Wicaksana, kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT pada Sabtu (13/06/20).

M Syaifuddin sendiri saat latihan terlihat enjoy dengan didampingi oleh dokter dan fisioterapi Persebaya. Proses pemulihannya sendiri membutuhkan waktu yang cukup panjang, hingga pemain bisa kembali ke lapangan, termasuk kembali merumput di Liga 1.

"Proses rehabilitasi ACL ini ada protabnya. Kurang lebih 6 bulan dari proses operasi," lanjut dokter Persebaya, Pratama Wicaksana itu.

Sekedar untuk diketahui, M Syaifuddin mengalami cedera lutut kanan yang cukup panjang. Bapak satu orang anak itu bahkan absen pada saat Persebaya berlaga dalam turnamen pra musim Piala Gubernur Jatim, (PGJ) awal tahun 2020.

Nah, untuk mempercepat penyembuhan, akhirnya dokter Persebaya memutuskan M Syaifuddin naik ke meja operasi. Operasi tersebut berlangsung pada 18 April 2020 yang lalu.

Beruntung baginya, pada saat recovery kompetisi Liga 1 dihentikan sementara karena pandemi virus corona Covid-19. Alhasil dia bisa fokus, hingga akhirnya 2 Juni 2020 kemarin mantan pemain internal Persebaya, Al Rayyan, itu kembali latihan perdana.