Liga Inggris

Resmi! Liga Inggris Rilis Cara Unik Dukung Black Lives Matters

Sabtu, 13 Juni 2020 12:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Catherine Ivill/Getty Images
Logo Liga Primer Inggris dalam mirocphone Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Logo Liga Primer Inggris dalam mirocphone

INDOSPORT.COM - Otoritas Liga Inggris resmi mengumumkan bentuk dukungan untuk Black Lives Matters. Pihaknya sudah menyiapkan kaos dengan pesan khusus yang akan dipakai para pemain selama pertandingan.

Sebelumnya, pemain perwakilan klub-klub Liga Inggris berencana menunjukkan dukungan mereka untuk kampanye Black Lives Matters, sebuah aksi memerangi rasisme yang dialami orang-orang berkulit hitam di seluruh dunia.

Dilansir Sport Mirror, rencana ini akhirnya mendapatkan dukungan penuh dari Liga Inggris. Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Negeri Ratu Elizabeth ini akan dilanjutkan kembali pada Rabu (17/6/20) mendatang.

Disepakati bahwa selama turnamen lanjutan, para pemain akan mengenakan kaos dengan tulisan Black Lives Matters yang menggantikan nama pemain di bagian pungung. Jersey ini akan dikenakan selama babak pertama.

Selain Black Lives Matters, ada juga tulisan sebuah pesan terima kasih kepada petugas medis (NHS) yang telah berjuang keras melawan pandemi virus corona.

“Kami para pemain, berdiri bersama dengan satu tujuan memberantas aksi rasisme di mana pun dia berada, untuk mewujudkan masyarakat global yang damai, penuh rasa hormat, kesempatan yang setara untuk semua terlepas dari warna kulit dan keyakinannya,” bunyi pernyataan pemain dari 20 klub.

“Simbol ini merupakan tanda persatuan daru semua pemain, staf, klub, semua pejabat pertandingan dan Liga Inggris,” tambah pernyataan itu.

“Liga Inggris berdiri di samping parapemain, klub, FA, EFL, PA, LMA, PGMOL, dan semua orang yang menentang diskriminasi dalam bentuk apa pun.”

Sebelumnya, sejumlah tim Liga Inggris, termasuk Liverpool dan Arsenal sudah menunjukkan dukungan untuk gerakan ini dengan berlutut selama sesi latihan.

Gerakan Black Lives Matters muncul sejak kematian pria kulit hitam asal Amerika Serikat, George Floyd, yang dibunuh oleh polisi kota Minneapolis bulan lalu. Protes menuntut keadilan untuk George Floyd lantas digemakan di seluruh dunia.

Liga Inggris akan kembali berlangsung Rabu pekan depan. Jadwal Liga Inggris pertama menyajikan laga antara Aston Villa vs Sheffield United dan Manchester City vs Arsenal.