In-depth

Apa Kabar Paolo Montero? Legenda Juventus yang Abadi di Serie A

Minggu, 14 Juni 2020 19:19 WIB
Editor: Coro Mountana
© Adam Davy - EMPICS/Getty Images
Apa Kabar Paolo Montero? Legenda Juventus yang Abadi di Serie A Copyright: © Adam Davy - EMPICS/Getty Images
Apa Kabar Paolo Montero? Legenda Juventus yang Abadi di Serie A

INDOSPORT.COM – Paolo Montero, merupakan sosok legenda Juventus yang memiliki rekor abadi di Serie A Italia, apa kabarnya kini?

Ronald Paolo Montero Iglesias alias Paolo Montero, dibesarkan oleh kedua orang tuanya di Montevideo, Uruguay, 48 tahun silam dengan didikan keras. Mengetahui Paolo Montero sudah mencintai sepak bola sejak kecil, sang ayah pun mengharuskannya untuk selalu dapat nilai bagus di sekolah.

Jika tidak, maka Montero bakal dihukum dengan tidak diperbolehkan menghadiri latihan sepak bola bersama teman-temannya. Didikan keras dari sang ayah rupanya merasuk dalam sukma Montero untuk menjadi seorang bek yang sangat tangguh.

Memulai karier di Penarol, Uruguay, Montero akhirnya mendapat kesempatan untuk terbang ke Italia demi melanjutkan kiprah sepak bolanya. Di Italia, Montero langsung bergabung dengan Atalanta yang memberinya banyak cerita.

Sempat terdegradasi, Montero dengan kekuatannya sanggup menjadikan lini pertahanan Atalanta jadi salah satu yang terkuat hingga akhirnya bisa promosi. Kepincut dengan peforma Montero bersama tim papan tengah Serie A Italia itu, Montero pun direkrut pada 1996.

Bersama Juventus, kisah Paolo Montero, sang legenda klub kebanggaan kota Turin dengan rekor abadinya di Serie A Italia pun dimulai.

Keabadian Paolo Montero di Serie A Italia

Bermain untuk Juventus hingga 2005, Montero menjadi salah satu elemen penting Si Nyonya Tua dalam membentuk tembok pertahanan terkuat di Italia, bahkan Eropa. Peran Montero semakin penting karena ia bisa bermain sebagai bek tengah atau bek kiri.

Bersama Ciro Ferrara, Mark Iuliano, Gianluca Pessotto, Lilian Thuram, Alessandro Birindelli, Igor Tudor, Gianluca Zambrota, Nicola Legrottaglie hingga Fabio Cannavaro, Montero membuat Juventus sangat tangguh di pertahanan.

Tak tanggung-tanggung, 4 gelar Serie A Italia, 3 Supercoppa Italiana, 1 Piala Super Eropa, 1 Piala Interkontinental, dan 1 Piala Intertoto, berhasil dimenangkan Montero untuk Juventus. Satu gelar prestise yang gagal dimenangkan Montero meski sudah sampai 3 final adalah Liga Champions.

Meski begitu, di Serie A Italia, Montero mencatatkan rekor abadi yang rasanya sulit dipecahkan oleh pemain lain dalam waktu dekat, yaitu pengoleksi kartu merah terbanyak. Berdasarkan data dari Serie A Italia, Montero sudah mengoleksi 16 kartu merah, unggul jauh atas semua pesaingnya.

Banyaknya kartu merah yang didapat Montero memang tak bisa dilepaskan dari gaya mainnya yang terkenal sangat lugas, tegas, dan tanpa kompromi. Ibaratnya, Montero tak akan segan-segan melakukan pelanggaran asalkan penyerang lawan tak bisa melewatinya.

Legenda Manchester United, Ryan Giggs, pernah berkomentar kalau Montero adalah pemain bertahan terberat yang pernah ia lawan karena sangat sulit untuk melewatinya. Ternyata, gaya main keras itu memang disengajai oleh Montero.'

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESRyan Giggs pernah bertarung dengan Paolo Montero.

“Sepak bola dibuat untuk orang licik dan ketika melangkah ke lapangan, satu-satunya yang saya inginkan adalah menang. Kadang-kadang anda harus melakukan apapun untuk menang dan itulah sifat saya,” ungkap Montero kepada The Observer pada 2003.

Brutal, tapi disiplin dan tangguh adalah penggambaran sempurna atas karier cemerlang Montero di Juventus sebelum akhirnya bek Uruguay itu memutuskan hengkang. Sempat bermain di Argentina, Montero akhirnya pensiun di Penarol pada 2007 lalu.

Setelah pensiun dari dunia sepak bola sebagai pemain, kini apa kabar Paolo Montero? Legenda Juventus dengan rekor abadi di Serie A Italia.