Bola Internasional

Sebelum Witan Sulaeman, Dua Wonderkid Malaysia Duluan Tampil di Liga Serbia

Minggu, 14 Juni 2020 17:45 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Sebelum Witan Sulaeman, 2 Wonderkid Malaysia Tampil Duluan di Liga Serbia Copyright: © INDOSPORT
Sebelum Witan Sulaeman, 2 Wonderkid Malaysia Tampil Duluan di Liga Serbia

INDOSPORT.COM - Sebelum Witan Sulaeman, dua wonderkid asal Malaysia ini tercatat lebih dulu tampil di kompetisi Liga Serbia. Siapakah mereka?

Mimpi Witan Sulaeman untuk merumput di Liga Serbia akhirnya kesampaian. Ia sukses melakukan debut bersama FK Radnik Surdulica saat menjamu Radnicki Nis pada pekan ke-29, Minggu (14/6/20) dini hari WIB.

Pemain berusia 18 tahun yang resmi bergabung bersama Radnik Surdulica pada Februari lalu tersebut memang sempat tertunda untuk debut di Liga Serbia akibat pandemi virus corona. Bahkan, ia harus pulang kembali ke Indonesia. 

Namun, pekan lalu, Witan Sulaeman kembali ke Serbia dan langsung berlatih bersama rekan-rekan setimnya. Beberapa hari lalu, dirinya bahkan berpartisipasi dalam sebuah sesi latih tanding.

Setelah sempat tertunda selama 2,5 bulan, Liga utama Serbia sendiri akhirnya dilanjutkan kembali dan FK Radnik (klub Witan Sulaeman) langsung menjalani partai sulit dengan menghadapi Radnicki Nis.

Dalam pertandingan tersebut, Witan Sulaeman mendapat kepercayaan menjalani debut dan dimasukkan pada menit ke-65 untuk menggantikan Bogdan Stamenkovic. 

Saat itu, kedudukan masih imbang 1-1 setelah kedua tim bermain sama kuat di babak pertama. Namun sayang, kekuatan Radnicki Nis yang musim ini bercokol di peringkat lima klasemen sementara masih terlalu kuat buat tim tuan rumah.

Memasuki menit ke-71, bek Radnik, Miroljub Kostic, melakukan kesalahan yang mengakibatkan gol bunuh diri sehingga Radnicki berbalik unggul dengan skor 2-1.

Tak berlangsung lama, gol dari Milan Makaric disambut gembira pendukung tim tuan rumah pada menit ke-77. Namun, Radnik harus mengakui keunggulan lawannya pada meniit ke-81.

Semangat Radnik benar-benar hilang setelah Nikola Cumic mencetak gol keempat bagi Radnicki berselang empat menit kemudian. Hingga akhir pertandingan, tim yang dibela Witan Sulaeman harus menelan kekalahan 2-4.

Meski kalah, Witan Sulaeman sukses mengukir sejarah baru sebagai pemain Indonesia pertama yang mentas di Liga Utama Serbia.

Namun, jebolan Timnas U19 tersebut bukan satu-satunya pemain ASEAN yang tampil di Liga Serbia musim ini. Pasalnya, ada dua pemain asal Malaysia ternyata telah lebih dulu mentas disana.