Liga Indonesia

Aktivitas Persib Diliburkan, Bagaimana Cara Made Atasi Jenuh?

Senin, 15 Juni 2020 13:52 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arif Rahman/INDOSPORT
Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan, memiliki cara untuk menghilangkan rasa jenuh selama kompetisi Liga 1 2020 dihentikan dan aktivitas tim diliburkan. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan, memiliki cara untuk menghilangkan rasa jenuh selama kompetisi Liga 1 2020 dihentikan dan aktivitas tim diliburkan.

INDOSPORT.COM - Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan, memiliki cara untuk menghilangkan rasa jenuh selama kompetisi Liga 1 2020 dihentikan dan aktivitas tim diliburkan.

Made menuturkan, bermain bersama anak-anaknya menjadi cara yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa jenuh. Apalagi, selama masa pandemi corona atau covid-19 ini, ia lebih sering menghabiskan waktu di rumah.

"Paling ngabisin waktu sama anak-anak juga, karena kita enggak bisa kemana-mana, semua masih tutup, tempat refreshing juga tutup, ya banyak main sama anak-anak, becanda sama anak-anak," kata Made.

Selama hampir tiga bulan, Made bersama rekan-rekannya di tim Persib, hanya menjalankan program latihan mandiri yang diberikan oleh pelatih, Robert Rene Alberts. Materi tersebut dijalankan oleh pemain, untuk menjaga kondisi agar tetap bugar.

Made mengakui, ada banyak perbedaan yang dirasakan ketika berlatih mandiri, yang membuatnya sempat merasakan jenuh. Karena, biasanya materi latihan dijalankan bersama pemain lainnya di lapangan.

Meski begitu, kiper yang mengantarkan Persib meraih gelar juara ISL 2014 ini menuturkan, pelatih memiliki cara agar pemainnya tidak merasa jenuh, yakni dengan membuat variasi dalam latihan.

"Ya awal-awal masih, tapi lama-lama ada bosan, tapi di bikin variasi juga sama tim pelatih jadi tidak membosankan. Kita juga punya cara sendiri biar merefresh," jelasnya.

Saat ini, Made terus menjalankan program latihan mandiri, sambil menunggu kepastian dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 2020.

Sementara itu, Robert Alberts, merasa puas dengan kondisi kebugaran pasukannya setelah menjalankan program latihan mandiri sekitar tiga bulan. Selain itu, ia menilai pemain Persib Bandung sangat antusias menjalankan materi latihan yang diberikan olehnya.