Liga Inggris

Buka-bukaan, Kapten Watford Sebut Tiap Tim Sepak Bola Punya Pemain Gay

Senin, 15 Juni 2020 09:36 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Kota prediksi
Kapten klub Watford, Troy Deeney, buka-bukaan dengan mengklaim setiap tim sepak bola memiliki setidaknya 1 pemain gay. Copyright: © Kota prediksi
Kapten klub Watford, Troy Deeney, buka-bukaan dengan mengklaim setiap tim sepak bola memiliki setidaknya 1 pemain gay.

INDOSPORT.COM – Kapten Watford, Troy Deeney, mengakui bahwa setiam tim sepak bola, terutama di Liga Inggris, memiliki setidaknya satu pemain dengan orientasi seksual yang menyimpang atau gay.

Dilansir dari laman AFP, isu mengenai pemain gay sejatinya sebuah hal tabu dalam sepak bola meskipun kampanye LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual and Transgender) banyak didengungkan di kawasan Eropa dan Amerika Serikat.

Namun adanya kampanye tersebut tak lantas membuat banyak pesepak bola dengan orientasi seksual yang menyimpang berani terang-terangan mengungkapkan jati dirinya.

Banyak yang menduga bahwa pesepak bola gay rata-rata khawatir tentang pandangan masyarakat jika mereka mengungkapkan orientasi seksualnya ke publik.

Isu ini pun tak luput dari perhatian Troy Deeney. Kapten dari Watford ini membuat pengakuan mengejutkan bahwa setiap tim sepak bola, utamanya di Inggris, memiliki setidaknya satu pemain gay.

“Saya akan mengatakannya dengan lantang bahwa kemungkinan ada satu pemain gay atau biseksual di setiap tim sepak bola. Mereka ada di sana. 100 persen ada di sana,” ujar Deeney.

“Saya pikir pemain gay atau dari komunitas mereka sangat khawatir dengan tanggung jawab menjadi orang pertama yang mengungkap identitasnya. Saya pikir sekali mereka muncul dan mengakui, maka akan banyak yang mengakui pula.

“Jika ia keluar dan mengatakannya, saya percaya pada minggu pertama akan ada 100 orang lain yang berkata ‘saya juga (gay)’,” lanjutnya.

Hingga saat ini, tak banyak pemain sepak bola yang berani buka-bukaan mengenai identitasnya sebagai gay. Kesiapan mental dirasa menjadi salah satu alasan terbesar setiap pemain sehingga belum berani mengakui dirinya sebagai gay.

Namun bila menilik pernyataan Troy Deeney, tentu para pesepak bola gay selanjutnya akan berani mengungkapkannya. Namun hal tersebut tergantung dari adanya pemain yang berani muncul pertama kali untuk mengungkapkan orientasi seksualnya yang menyimpang.