Liga Inggris

Liverpool Bukan Tim Terbaik Sepanjang Masa Liga Inggris

Senin, 15 Juni 2020 08:56 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Alex Livesey - Danehouse/Getty Images
Liverpool bukan tim terbaik sepanjang masa Liga Inggris menurut mantan pemainnya, Stan Collymore Copyright: © Alex Livesey - Danehouse/Getty Images
Liverpool bukan tim terbaik sepanjang masa Liga Inggris menurut mantan pemainnya, Stan Collymore

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Liverpool, Stan Collymore menilai bahwa dominasi Liverpool saat ini bukanlah suatu hal yang luar biasa. The Reds dinilai bukanlah tim terbaik sepanjang masa Liga Inggris.

Liverpool mampu mendominasi seluruh pertandingan yang ada di Liga Inggris musim 2019/2020. Mereka hanya membutuhkan enam poin saja untuk bisa mengunci gelar juara yang sudah dinantikan selama kurang lebih 30 tahun.

Dalam 29 pertandingan yang dilakoni The Reds, mereka berhasil memenangkan 27 permainan dan mampu mengungguli juara bertahan Manchester City dengan selisih poin yang jauh yakni 25 poin di klasemen sementara Liga Inggris.

Dengan capaian yang sudah dilakukan, mereka berpeluang menjadi tim pemecah rekor baru. Pasukan Jurgen Klopp ini berpotensi memecahkan rekor sebagai tim peraih poin terbanyak dalam satu musim kompetisi.

Kendati demikian, skuat Liverpool musim ini tidak akan dikenang sebagai salah satu tim terhebat sepanjang masa di Liga Inggris. Hal ini diutarakan langsung oleh mantan pemainnya sendiri, yakni Stan Collymore.

“Liverpool adalah tim yang bagus dan mereka pantas meraih titel ini dalam dua pertandingan ke depan. Saya akan merayakan kesuksesan mantan tim saya itu. Saya juga menyesali bahwa dominasi mereka bukan karena tim Jurgen Klopp begitu hebat tapi karena banyak tim tengah terpuruk,” tulis Stan Collymore di laman Mirror.

Menurut Collymore, Mohamed Salah dan rekan-rekannya itu tidak bisa disejajarkan dengan skuat terhebat di Liga Inggris dalam beberapa tahun terakhir, seperti Manchester United pada musim 1998/1999 atau Arsenal 2003/2004 silam.

“Dominasi Liverpool bukanlah pertanda bahwa mereka adalah tim hebat. Ini hanyalah tentang segelintir klub yang mampu membangun skuat hebat karena mereka memiliki banyak uang,” tambahnya.

Terlebih, Collymore menambahkan bahwa Liverpool bukan bermain luar biasa pada musim ini. Melainkan banyak klub rivalnya yang menunjukan performa yang buruk dalam kompetisi Liga Inggris. itulah alasan kuat dirinya mengatakan The Reds tidak bisa dikatakan sebagai klub terbaik sepanjang masa Liga Inggris.

“Armada Jurgen Klopp memang sangat bagus, tapi itu juga karena banyak rival mereka yang bermain sangat buruk di musim ini. Ini alasan yang saya sampaikan mengenai penilaian yang sudah saya utarakan,” ujarnya.

Liverpool akan bertanding dalam lanjutan kompetisi Liga Inggris yang sebelumnya dihentikan kurang lebih selama tiga bulan. The Reds pada 21 Juni mendatang akan melawan Everton dalam duel bertajuk derby Merseyside.

Pasukan Jurgen Klopp akan dipastikan mendapatkan gelar juara jika dapat memenangkan pertandingan Derby Merseyside. Asalkan pada pertandingan lain Manchester City takluk saat melawat ke markas Arsenal.