Liga Indonesia

Marko Simic Punya Nilai Transfer Tak Sebanding Sama Pemain Papua-Jerman

Senin, 15 Juni 2020 23:33 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Media Persija
Diperkirakan striker Persija Jakarta Marko Simic punya nilai transfer yang tak sebanding sama pemain Papua Nugini-Jerman Felix Komolong. Copyright: © Media Persija
Diperkirakan striker Persija Jakarta Marko Simic punya nilai transfer yang tak sebanding sama pemain Papua Nugini-Jerman Felix Komolong.

INDOSPORT.COM - Diperkirakan striker Persija Jakarta Marko Simic punya nilai transfer yang tak sebanding sama pemain Papua Nugini-Jerman, Felix Komolong.

Felix Dirik Wasi Komolong merupakan nama lengkap dari pria kelahiran Lae, Papua Nugini, 6 Maret 1997 silam dan memiliki tinggi hingga 185 cm.

Felix merupakan putra dari orang tua yang bernama Birte dan Miok Komolong. Dia juga memiliki saudara lain, yakni Kusuga dan Alwin.

Saudara Felix Komolong ini juga terjun sebagai pesepak bola profesional. Tentunya, persaingan makin ketat karena usia mereka tak begitu jauh.

Menurut data yang dilampirkan dalam laman penyedia statistik Transfermarkt, kalau Felix Komolong tercantum memiliki paspor Papua Nugini-Jerman.

Dari data yang dihimpun, Felix Komolong punya keluarga yang tinggal di Hutten, Schleswig-Holstein, Jerman dan sempat tinggal di sana.

Pemain 23 taun ini memulai kiprah sepak bola di klub Papua Nugini, Besta United, selama dua musim 2012-14. Lalu, ia hengkang ke Madang Fox dan Hekari United.

Hingga musim 2016-17, pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu dikontrak oleh tim New Zealand, Canterbury United, dan bermain sebanyak 16 kali.

Sebagian besar Felix Komolong bermain selama 90 menit penuh dengan rincian lima kali menang, enam kali imbang, dan empat kali menderita kekalahan.

Namun, ada hal menarik yang bisa ditelisik bersama oleh para penggila sepak bola nasional akan kiprah pemain blasteran Papua Nugini-Jerman ini.

Fakta menarik yang bisa dilihat tentu saja ialah tak sebandingnya nilai transfer Felix Komolong dengan striker andalan Persija Jakarta, Marko Simic.

Pasalnya, bek berpaspor Papua Nugini-Jerman itu memiliki harga pasar hingga Rp3,1 miliar (200 ribu Euro) per 10 Mei 2017 silam menurut data Transfermarkt.

Di sisi lain, nilai transfer Marko Simic mencapai angka Rp7 miliar (450 ribu Euro) per 8 April 2020. Artinya, nominal keduanya sangat tidak seimbang dan beda dua kali lipat.