Bola Internasional

Menit Debut Perdana Witan Sulaeman Beda 2x Lipat dari Syamsir Alam

Senin, 15 Juni 2020 17:02 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Diketahui kalau menit debut perdana wonderkid Indonesia Witan Sulaeman beda hingga 2 kali lipat lebih dari Syamsir Alam di Eropa. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Diketahui kalau menit debut perdana wonderkid Indonesia Witan Sulaeman beda hingga 2 kali lipat lebih dari Syamsir Alam di Eropa.

INDOSOPRT.COM - Diketahui kalau menit debut perdana wonderkid Indonesia Witan Sulaeman beda hingga 2 kali lipat lebih dari Syamsir Alam di Eropa.

Kabar menggembirakan untuk sepak bola Indonesia datang dari benua biru atau Eropa di tengah melandanya wabah virus corona (COVID-19).

Sebab pada akhir pekan lalu, salah satu pemain muda berbakat dan menjanjikan Witan Sulaeman dipercaya untuk tampil dari bangku cadangan.

Hal itu terjadi ketika klub yang dibela Witan, FK Radnik Surdulica menghadapi tim tamu FK Ranicki Nis pada pekan ke-29 di SuperLiga Serbia 2019-20.

Kedua tim menurunkan 11 pemain terbaik untuk bisa memenangkan laga. Bahkan nama Witan Sulaeman masuk dalam daftar susunan pemain cadangan.

Laga yang berjalan setelah sempat vakum hampir tiga bulan ini tetap berlangsung sengit. Bahkan pada babak pertama saja pertandingan berakhir imbang 1-1.

Usai rehat babak kedua, Witan diberi kesempatan untuk menunjukan kebolehannya oleh kepala pelatih FK Radnik Surdulica Simo Krunic.

Menurut data Transfermarkt, wonderkid 18 tahun itu turun pada menit ke-64 dengan menggantikan rekannya bernomor punggung 11 Bogdan Stamenkovic.

Eks PSIM Yogyakarta itu pun turut menampilkan beberapa kebolehan dalam sejumlah kesempatan kala memegang bola serta melewati para lawan.

Pemain Timnas Indonesia U-23 itu juga sempat mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol. Namun sayang, sang rekan Milan Makaric memilih untuk menjebol gawang lawan sendiri.

Kendati begitu, dalam 26 menit bermain di lapangan, wonderkid kelahiran Palu itu tak bisa membawa FK Radnik Sudurlica menang usai kalah 2-4 dari tim tamu.

Meski demikian hal ini menjadi awal dan sinyal positif bagi pemain kelahiran 8 Oktober 2001 silam ini terus berkembang ke depannya nanti.

Namun ternyata ada fakta menarik yang bisa dicermati oleh para penggila sepak bola nasional yang mungkin luput dari debut perdana Witan Sulaeman.

Torehan yang paling menggemaskan adalah menit debut perdana peraih medali perak sepak bola SEA Games 2019 ini justru beda 2x lipat dibanding Syamsir Alam.

Mantan pemain klub Liga Belgia CS Vise itu sempat berkarier di Eropa selama dua musim lamanya, tepatnya 2011-13 dan tentunya turut bermain.

© Instgram/@syamsir11alam
Syamsir Alam saat menjalani seleksi (trial) bersama Borneo FC. Copyright: Instgram/@syamsir11alamSyamsir Alam saat menjalani seleksi (trial) bersama Borneo FC.

Namun Syamsir Alam baru menjalani debut perdana ketika CS Vise takluk dari Royal Antwerp dengan skor 3-1 pada pekan ke-20, 14 Januari 2012 silam.

Syamsir Alam langsung diturukan sejak menit awal laga. Namun memasuki menit ke-65, pria 27 tahun itu digantikan oleh Gerardo Vonder Putten.

Artinya debut eks Timnas Indonesia itu dan Witan Sulaeman memiliki perbedaan hingga 2 kali lipat lebih berdasarkan data yang disajikan Transfermarkt.