Bola Internasional

Tak Disangka, 5 Pemain Bintang Ini Ternyata Pernah Bela Manchester City

Senin, 15 Juni 2020 03:31 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
5 pemain bintang ini ternyata ada nama Manchester City di CV miliknya. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
5 pemain bintang ini ternyata ada nama Manchester City di CV miliknya.

INDOSPORT.COM - Manchester City diakusisi oleh seorang miliarder asal Uni Emirat Arab, Mansour bin Zayed Al Nahyan, melalui Abu Dhabi United Group pada 2008.

Sejak kedatangan Mansour bin Zayed Al Nahyan, Manchester City menjelma menjadi tim raksasa Liga Inggris bahkan Eropa.

Tidak hanya melakukan pembelian pemain bintang untuk tim senior, Manchester City juga memiliki misi mencetak pemain dari akademi yang telah dibangun.

Sudah banyak pemain jebolan akademi Manchester City yang saat ini bersaing di beberapa kompetisi Eropa. Bahkan di antara dari mereka telah sukses menjadi bintang.

Berikut INDOSPORT telah merangkum 5 pemain bintang yang ternyata ada nama Manchester City di CV miliknya:

1. Loris Karius

© Sportskeeda
Loris Karius saat membela Manchester City. Copyright: SportskeedaLoris Karius saat membela Manchester City.

Kiper yang sempat viral di final Liga Champions 2017/2018 bersama Liverpool ternyata adalah binaan akademi Manchester City periode 2009-2012.

Selama periode itu, Loris Karius terus berkembang menjadi kiper hebat hingga naik level ke Manchester City U-23. Namun sayang, sebelum promosi ke tim senior, Loris Karius sudah dijual ke klub Jerman, Mainz O5.

2. Jadon Sancho

© Lars Baron/Getty Images
Pemain Borussia Dortmund, Jadon Sancho usai mencetak gol untuk timnya pada pertandingan Bundesliga antara SC Paderborn vs Borussia Dortmund di Benteler Arena, Minggu (31/05 2020) di Paderborn, Jerman. Copyright: Lars Baron/Getty ImagesPemain Borussia Dortmund, Jadon Sancho usai mencetak gol untuk timnya pada pertandingan Bundesliga antara SC Paderborn vs Borussia Dortmund di Benteler Arena, Minggu (31/05 2020) di Paderborn, Jerman.

Manchester City mungkin menyesal telah membiarkan Jadon Sancho pergi pada 2017 lalu. Saat itu, Manchester City tergiur dengan uang 7,84 juta euro dari klub elite Jerman, Borussia Dortmund untuk pembelian Sancho.

Namun ternyata Jadon Sancho sukses berkembang menjadi pemain hebat di Borussia Dortmund. Jebolan Manchester City U-18 itu berhasil mencetak 12 gol dan 17 assit pada musim 2018/2019. Kemudian musim ini ia sukses menyumbang 14 gol dan 16 assist untuk Dortmund.

3. Adrien Rabiot

© INDOSPORT
Adrien Rabiot, gelandang tengah PSG. Copyright: INDOSPORTAdrien Rabiot, gelandang tengah PSG.

Selesai mengenyam pendidikan di akademi Manchester City pada 2008 silam, Adrien Rabiot kembali ke Prancis dan bergabung bersama Paris Saint-Germain (PSG).

Saat itu usia Adrien Rabiot masih di bawah 17 tahun dan harus bergabung di tim junior PSG. Adrien Rabiot terus mengalami perkembangan pesat hingga pada 2013 dipromosikan ke tim senior.

Di PSG, Adrien Rabiot berhasil mengukir prestasi dengan membantu mendapatkan trofi Ligue 1 (4x), Coupe de France (4x), Coupe de la Ligue (5x), dan French Super Cup (3x).

Pada Juli 2019 lalu, Adrien Rabiot akhirnya hengkang ke klub raksasa Serie A Liga Italia, Juventus, hingga sekarang.

4. Kasper Schmeichel

© Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Kiper Leicester City, Kasper Schmeichel. Copyright: Matthew Ashton - AMA/Getty ImagesKiper Leicester City, Kasper Schmeichel.

Penjaga gawang yang dikenal sebagai kapten Leicester City ternyata jebolan dari Manchester City. Saat berada di Man City, Schmeichel adalah kiper kedua setelah Joe Hart meski sebelumnya sempat menjadi pilihan utama.

Karena tidak kunjung mendapatkan kesempatan bermain, Kasper Schmeichel kemudian pindah ke Notts County pada musim panas 2009. 

Semusim di Notts County, Schmeichel pindah ke Leeds United pada musim 2010. Hanya semusim lagi, ia pindah ke Leeds hingga berlabuh ke Leicester pada musim panas 2011 dan bertahan hingga sekarang.

5. Daniel Sturridge

© Richard Heathcote/GettyImages
Daniel Sturridge (kanan) saat masih memperkuat klub Liga Inggris, Manchester City Copyright: Richard Heathcote/GettyImagesDaniel Sturridge (kanan) saat masih memperkuat klub Liga Inggris, Manchester City

Manchester City benar-benar mengalami kerugian besar menyia-nyiakan bakat Daniel Sturridge. Sempat dianugrahi Young Player of the Season di Manchester City oleh Citizen, Daniel Sturridge justru dijual ke Chelsea pada musim 2009.

Jebolan akademi Manchester City itu langsung mencetak gol di laga debut bersama Chelsea pada menit ke-12 dalam pertandingan persahabatan melawan Seattle Sounders  pertengahan Juli 2009.

Sejak dijual oleh Manchester City, Daniel Sturridge sukses mendapatkan lima trofi saat memperkuat Chelsea dan Liverpool.