Bola Internasional

5 Pemain yang Buat Stuttgart Kaya Raya dengan Modal Sedikit

Rabu, 17 Juni 2020 21:42 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© LogoBrands
Klub Liga Jerman, VfB Stuttgart, ternyata sangat cerdik dalam mengakali bursa transfer dan membuat mereka kaya raya meski hanya punya modal yang minim. Copyright: © LogoBrands
Klub Liga Jerman, VfB Stuttgart, ternyata sangat cerdik dalam mengakali bursa transfer dan membuat mereka kaya raya meski hanya punya modal yang minim.

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola yang berlaga di Liga Jerman, VfB Stuttgart, ternyata sangat cerdik dalam mengakali bursa transfer dan membuat mereka kaya raya meski hanya punya modal yang sangat minim.

Momen jual beli pemain atau bursa transfer memang merupakan saat yang paling dinantikan oleh semua klub sepak bola di dunia ini. Karena, itu adalah saat dimana mereka bisa mendapatkan pemain baru atau siraman dana hasil penjualan pemain.

Setiap klub (tepatnya di Eropa) dibebani tugas untuk menghindari Financial Fair Play (FFP) dari UEFA. FFP sendiri  diberlakukan agar klub-klub tersebut tak terlalu banyak membelanjakan tabungan mereka untuk beli pemain, yang bisa berakibat buruk bagi klub itu sendiri.

Karena hal tersebut, mereka wajib berpikir lebih dari sekali sebelum belanja pemain di bursa transfer. Biasanya, hal ini bisa diakali dengan mendepak banyak pemain yang sudah tak diandalkan di tim, entah melalui jalan dijual atau hanya sekadar dipinjamkan.

Siapa sangka, klub yang kini berlaga di kasta ke-2 Liga Jerman, yaitu 2. Bundesliga, yang bernama VfB Stuttgart, memiliki 'jiwa bisnis' yang oke punya. Mereka mampu menjadi klub yang kaya raya dengan modal minim. Hal tersebut dikarenakan Stuttgart pintar dalam bernegosiasi saat menjual pemain.

Sehingga, mereka mampu menjual pemain dengan harga tinggi ke klub lain. meski Stuttgart membelinya dengan harga yang murah atau bahkan gratis. Hal ini sebenarnya tidak mengherankan. Karena, pemain-pemain yang mereka beli memang kelas dunia.

Melansir dari laman portal berita olahraga Squawka, berikut lima pemain sepak bola yang membuat klub berjuluk Die Roten itu kaya raya.

1. Bernd Leno (ke Bayer Leverkusen)

Stuttgart mendatangkan kiper asal Jerman, Bernd Leno, dari SV Germania Bietigheim pada 2003 yang lalu. Mereka merekrutnya tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun, tapi berhasil menjual Leno ke Bayer Leverkusen dengan harga 6,7 juta poundsterling (Rp118 miliar).

Saat ini, penjaga gawang yang berusia 28 tahun itu memperkuat raksasa Liga Inggris, Arsenal sejak 2018.