Liga Inggris

Kesalahan David Luiz Penyebab Kalahnya Arsenal vs Man City

Kamis, 18 Juni 2020 10:11 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Laurence Griffiths/Getty Images
David Luiz dikeluarkan dalam laga Manchester City vs Arsenal. Copyright: © Laurence Griffiths/Getty Images
David Luiz dikeluarkan dalam laga Manchester City vs Arsenal.

INDOSPORT.COM - Terdapat sebuah sorotan tajam dalam laga Manchester City vs Arsenal. Kesalahan yang dibuat David Luiz adalah faktor kemenangan Manchester City atas klubnya, Arsenal pada Kamis (18/06/20) dini hari WIB tadi.

Manchester City tentu tersenyum lebar dengan kemenangan yang mereka raih atas Arsenal dengan skor 3-0. Tentunya hal ini akan menjadi pembelajaran yang serius bagi Mikel Arteta selaku juru racik dan juga mantan asisten Pep Guardiola.

Dalam laga Manchester City vs Arsenal, kubu The Gunners sebenarnya memulai pertandingan dengan sangat baik. Tapi situasinya berubah dengan cepat, dikarenakan Granit Xhaka mengalami cedera pada menit ke 7 dan Pablo Mari pada menit ke-24 juga mengalami cedera. Ini lah yang memaksa Mikel Arteta menggantikan permainnya.

Akhirnya Mikel Arteta menurunkan David Luiz untuk menggantikan Mari yang mengalami cedera. Pergantian ini mungkin menjadi awal yang akan membuat The Gunners harus mengalami bencana di laga perdananya.

David Luiz bermain sangat buruk dan banyak sekali membuat kesalahan. Dua gol yang dicetak Manchester City adalah akibat dari keblunderan dari mantan pemain Chelsea tersebut.

Memang pemain asal Brasil ini sempat dinobatkan sebagai pemain belakang terbaik di Liga Inggris selama masih membela Chelsea. Namun, karena faktor usia yang akhirnya memaksa dirinya untuk bermain dengan kualitas yang rendah.

Seperti dilansir dari Opta Joe, kesalahan-kesalahan yang membuat Arsenal kalah dari Manchester City adalah murni keblunderan dari David Luiz. Total dirinya membuat tiga kesalahan, pertama ia adalah pemain pertama yang dihukum kartu merah.

Kedua, dengan dikartu merahnya Luiz membuat Manchester City mendapatkan hadiah pinalti yang berujung gol dicetak oleh Kevin De Bruyne. Ketiga, membuat kesalahan yang menyebabkan tim lawan mampu mencetak gol di gawang Arsenal.

Setelah sekian lama, baru kali ini sejarah Liga Inggris mencatat bahwa ada pemain yang mencetak tripel kesalahan saat ini yang sebelumnya dihuni oleh Carl Jenkinson dalam duel West Ham United melawan Bournemouth pada Agustus tahun 2015 silam.

Diturunkannya David Luiz untuk menggantikan Pablo Mari adalah hal yang terpaksa, sebab cedera yang dialami oleh Mari ini sunggu serius dan harus ditarik keluar lapangan.

Berkat ulahnya yang mendapatkan kartu merah, ia akan beristirahat untuk tidak akan diturunkan dalam beberapa pertandingan selanjutnya. Terlebih jika Mikel Arteta benar-benar tidak menurunkannya.

Selain pada pertandingan Manchester City vs Arsenal, David Luiz juga pernah melakukan kesalahan yang membuat lawan dihadiahi penalti. Laporan dari Opta Joe mengklaim bahwa pada musim 2016/2017 juga melakukan kejadian yang serupa.

Dengan hasil ini, Arsenal harus puas dengan masih berada di peringkat kesembilan dengan 40 poin yang hanya mampu mereka raih. Sedangkan Manchester City diperingkat ke dua dengan memperoleh 60 poin dalam 29 laga yang dijalani.