Liga Inggris

Mourinho Punya Rekor Bagus Lawan Mantan, Manchester United Pantas Khawatir?

Jumat, 19 Juni 2020 12:46 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Tottenham Hotspur FC/Tottenham Hotspur FC via Getty Images
Jose Mourinho akan memimpin Tottenham Hotspur menjamu Manchester United di lanjutan pekan ke-30 Liga Inggris, Sabtu (20/06/20). Copyright: © Tottenham Hotspur FC/Tottenham Hotspur FC via Getty Images
Jose Mourinho akan memimpin Tottenham Hotspur menjamu Manchester United di lanjutan pekan ke-30 Liga Inggris, Sabtu (20/06/20).

INDOSPORT.COMJose Mourinho akan memimpin Tottenham Hotspur menjamu Manchester United di lanjutan pekan ke-30 Liga Inggris, Sabtu (20/06/20).

Di laga perdana Liga Inggris pasca jeda akibat pandemi virus corona, Jose Mourinho harus langsung memimpin klubnya Tottenham Hotspur untuk menjamu Manchester United di pekan ke-30 dinihari esok, Sabtu (20/06/20).

Dengan posisi kedua klub yang masih terus bersaing di papan tengah dan status Jose Mourinho yang merupakan mantan pelatih Manchester United, pertandingan dinihari esok pasti akan sangat menarik untuk disaksikan.

Berlangsung di Stadion Tottenham Hotspur, pertandingan nanti menjadi semakin menarik. Sebab bukan hanya statusnya, Mourinho juga siap menyambut Manchester United dengan catatan bagus melawan mantan di laga kandang.

Sehingga pertanyaan besarnya, apakah dinihari nanti Jose Mourinho bisa menlanjutkan tren bagus tersebut, sekaligus menjadikan Manchester United sebagai korban berikutnya?

Apalagi  sebagai pelatih Mourinho datang ke laga nanti dengan rekor bagus setiap bertemu mantan timnya di pertandingan kandang.

Jose Mourinho Melawan Mantan di Kandang

Sejak pindah dari klub Portugal, Benfica tahun 2000 silam, sudah ada tujuh baru klub yang dilatih oleh Jose Mourinho. Termasuk dua periodenya bersama Chelsea.

Dengan delapan klub tersebut, total 17 kali sudah Jose Mourinho melakoni laga kandang melawan mantan klub yang pernah diasuhnya.

Hasilnya pun sangat luar biasa. Dari total 17 pertandingan itu, hanya dua kali Mourinho menelan kekalahan. Sementara satu berakhir imbang dan 14 lainnya berujung kemenangan.

Catatan impresif Mourinho itu sendiri sebenarnya diawalinya dengan tak cukup menjanjikan. Ketika akhirnya meninggalkan Benfica ke sesama klub Liga Portugal, Leira. The Special One hanya bisa menghadirkan hasil imbang 1-1 ketika menjadi tuan rumah melawan mantan.

Baru kemudian ketika dirinya hijrah ke klub raksasa Liga Portugal, FC Porto. Catatan Mourinho di laga kandang melawan mantan klub mulai terlihat impresif.

Dirinya bisa tiga kali mengalahkan mantan klubnya, Benfica di laga kandang dengan hanya sekali mengalami kekalahan. Terlebih melawan mantan klub lainnya, Leira. Dari empat laga kandang, semuanya berhasil disapu bersih Mourinho dengan kemenangan.

Liga Inggris, Italia dan Spanyol

Saat akhinya hijrah ke Liga Inggris bersama Chelsea, Mourinho hanya berkesempatan dua kali bersua mantan timnya di laga kandang. Yaitu ketika bersua FC Porto di Liga Champions, yang semuanya berujung dengan kemenangan.

Begitupun ketika pindah ke Inter Milan. Rekor 100 kemenangan di laga kandang melawan mantan ditorehkan Mourinho. Setelah dirinya hanya bersua Chelsea di Liga Champions.

Sayang ketika hijrah ke Real Madrid, tak sekalipun dirinya bisa bersua dengan mantan timnya di semua kompetisi. Sampai kemudian dirinya hijrah, bergabung kembali bersama Chelsea.

Di periode keduanya bersama klub asal London, Mourinho menambah catatan rekor kandangnya melawan mantan dengan satu kemenangan atas FC Porto.

Termasuk juga ketika berlabuh ke Manchester United. Catatan semakin menggila. Tiga kali bersua mantan timnya di laga kandang (2 Chelsea, 1 Benfica), semuanya sukses disapu bersih dengan kemenangan oleh The Special One.