Liga Indonesia

3 Alasan PSSI Tak Boleh Depak Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Sabtu, 20 Juni 2020 15:19 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Clive Brunskill/Getty Images
Berikut 3 alasan kuat untuk PSSI agar jangan mendepak pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, yaitu Shin Tae-yong. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Berikut 3 alasan kuat untuk PSSI agar jangan mendepak pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, yaitu Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Berikut 3 alasan kuat untuk PSSI agar jangan mendepak pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, yaitu Shin Tae-yong.

Pelatih berusia 49 tahun itu pada akhir Desember 2019 resmi dipercaya oleh Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) untuk menukangi Skuat Merah-Putih.

Mantan pelatih Seongnam Ilhwa Chunma FC itu  diganjar kontak selama empat tahun hingga 2022 mendatang usai mempertimbangkan dengan matang.

"Shin Tae-yong sempat mau dikontrak China tetapi dia bilang Indonesia menjanjikan talenta tinggi pada pemain usia dini dan merasa tertantang," ujar Ketum PSSI Iwan Bule.

Selain yang senior, Shin Tae-yong juga ditunjuk menjadi kepala pelatih Timnas Indonesia U-19 dan U-23. Beberapa target tinggi pun dibebankan ke sang pelatih.

Awal Januari 2020, mantan pelatih Korea Selatan ini juga menggelar pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 dan melakukan uji coba di Thailand.

Bahkan Timnas Indonesia sempat menggelar pemusatan latihan di Stadion Madya, Jakarta dan diawasi Shin Tae-yong, Februari 2020 lalu.

Pemusatan latihan perdana membuat bekas pemain Queensland Roar FC itu melihat kalau para pemain Timnas Indonesia bukanlah di level yang diinginkannya.

Ketika dilanda wabah virus corona (COVID-19), aktivitas sepak bola Indonesia dan dunia pun terhenti dan pelatih dengan tinggi 174 cm itu pun pulang kampung.

Sempat pula Shin Tae-yong menggelar pemusatan latihan virtual agar para pemain Timnas Indonesia U-19 tetap prima kondisi fisik dan sentuhan bolanya.

Teranyar, Shin Tae-yong ingin menggelar pemusatan latihan di Korea Selatan dan bukan di Indonesia karena wabah virus corona yang tak kunjung reda di Bumi Pertiwi.

Bahkan pelatih Timnas Indonesia itu saat ini tengah bersitegang dengan PSSI usai melakukan wawancara khusus dengan media Korea Selatan News Joins.

"PSSI sering berganti kepengurusan dan kebijakan. Sekjen Ratu Tisha yang punya kemampuan besar dan sangat disukai masyarakat tiba-tiba berhenti, April," kata Shin.

Kini dirinya berpotensi dipecat oleh PSSI apabila tak datang ke Indonesia dalam waktu dekat untuk menggelar pemusatan latihan untuk ajang yang akan datang.

Hal ini menjadi bahan perbincangan hangat bagi publik tanah air. Namun PSSI tampaknya tak harus terlalu keras pada pelatih Timnas Indonesia itu.

Kendati begitu PSSI tampaknya harus menahan agar tak mendepak Shin Tae-yong dalam waktu dekat. Berikut ini alasan kuat agar pria asal Korea Selatan itu tetap tukangi Timnas Indonesia.