Liga Inggris

Liga Inggris: Manchester United Sering Dapat Hadiah Penalti, Benarkah?

Sabtu, 20 Juni 2020 11:32 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Pool/Getty Images
Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, mengklaim Manchester United sering dapat hadiah penalti dari wasit di Liga Inggris. Benarkah? Copyright: © Pool/Getty Images
Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, mengklaim Manchester United sering dapat hadiah penalti dari wasit di Liga Inggris. Benarkah?

INDOSPORT.COM – Hasil seri yang didapat oleh klub Liga Inggris, Manchester United saat bertandang ke markas Tottenham Hotspur menyisakan kekecewaan bagi Jose Mourinho. Bagi pria asal Portugal ini, Setan Merah kerap diuntungkan dengan hadiah penalti oleh wasit. Benarkah?

Pada lanjutan Liga Inggris Sabtu (20/06/20) WIB, Man United harus tertinggal terlebih dahulu dari Spurs berkat gol dari Steven Bergwijn di babak pertama. Namun barulah pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-81, Setan Merah bisa menyamakan kedudukan lewat titik putih.

Bruno Fernandes yang didapuk sebagai algojo mampu menuntaskan tugasnya. Hasil imbang pun mengakhiri laga. Pasca laga, Mourinho mengklaim dirinya tahu bahwa pada laga ini Man United akan mendapat hadiah penalti yang ternyata malah menjadi penyeimbang kedudukan.

“Kami tahu bahwa kami bisa saja menghadapi penalti karena kami tahu mereka (Man United) memiliki catatan sering mendapat hadiah penalti,” ujar Mourinho dilansir ESPN.

Tentu pernyataan tersebut menunjukkan bahwa Jose Mourinho tahu betul bahwa Manchester United memang selalu diuntungkan dan kerap mendapatkan penalti dari wasit. Tapi benarkah pernyataan dari mantan pelatih Chelsea tersebut?

Sepanjang musim 2019/20, Liverpool dianggap sebagai tim yang paling diuntungkan karena VAR. Namun jika menilik catatan Liga Inggris sejauh ini, justru pernyataan Mourinho benar. Man United lah yang justru kerap mendapat keuntungan dari VAR terutama soal penalti.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Man United menjadi tim yang paling sering mendapat hadiah penalti di Liga Inggris 2019/20. Hingga pekan ke-30, Setan Merah telah mendapatkan 11 hadiah penalti dari wasit dan VAR.

Dari 11 penalti yang didapatkan Man United musim ini, hanya tujuh saja yang berhasil dikonversi menjadi gol. Dua di antaranya dicetak oleh Bruno Fernandes, pemain yang baru mereka datangkan pada Januari 2020 lalu.

Catatan Man United ini mengungguli Manchester City dengan delapan hadiah penalti yang kemudian di susul Leicester City dengan tujuh penalti dan Watford serta Liverpool dengan lima kali penalti.

Catatan ini pun hampir menyamai catatan penalti Manchester United musim 2018/19. Pada musim lalu, Setan Merah menjadi tim yang sering mendapat hadiah penalti dengan total 12 penalti. Tentu dengan laga yang tersisa musim ini, Setan Merah bisa saja mengalahkan catatannya musim lalu.