Liga Indonesia

On This Day: Persipura Datangkan Pelatih Asal Brasil Gantikan Liestiadi

Sabtu, 20 Juni 2020 12:16 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Liestiadi, mantan pelatih Persipura yang digantikan oleh Wanderley Machado Da Silva Junior tepat 3 tahun yang lalu. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Liestiadi, mantan pelatih Persipura yang digantikan oleh Wanderley Machado Da Silva Junior tepat 3 tahun yang lalu.

INDOSPORT.COM - Tepat hari ini, 20 Juni, tiga tahun yang lalu, manajamen Persipura Jayapura mendatangkan pelatih anyar asal Brasil, Wanderley Machado Junior untuk menggantikan posisi Liestiadi yang dianggap gagal memberikan performa stabil.

Liestiadi didepak setelah menelan empat kekalahan dari 10 kali penampilan di kompetisi Liga 1 edisi perdana, 2017. Puncaknya, saat Persipura kalah beruntun dari PSM Makassar dan Madura United.

Kekalahan tersebut membuat posisi Persipura tertahan di peringkat kelima dengan raihan 16 poin. Namun manajemen merasa tak puas karena menargetkan juara di musim itu.

Kehadiran Wanderley diharapkan bisa mengangkat performa Persipura di papan klasemen. Wanderley sendiri bukan sosok baru di kompetisi sepak bola Indonesia.

Ia tercatat pernah menukangi Persibo Bojonegoro, PSMS Medan U-21, Pro Duta dan klub asal Papua Barat, Perseman Manokwari.

Dalam debutnya, Wanderley sanggup memberikan kemenangan telak bagi Persipura saat menghajar Mitra Kukar dengan skor 6-0.

Sayangnya, Wanderley juga gagal mengangkat posisi Persipura di papan klasemen. Persipura hanya bisa finis diperingkat keenam dengan meraup 60 poin.

Selama melatih Boaz Solossa dan kolega di musim tersebut, Wanderley mempersembahkan 11 kemenangan dan 9 kali imbang. Sisanya, mereka hanya menelan 4 kali kekalahan.

Kontrak Wanderley pun tak diperpanjang di musim berikutnya. Manajemen Persipura memilih menunjuk pelatih asal Inggris, Peter Butler sebagai suksesor.