Liga Indonesia

2 Klub yang Belum Pernah Menang Lawan Persipura di Liga Indonesia

Jumat, 19 Juni 2020 13:13 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© repro.eu/wikipedia
Logo Persipura Jayapura. Copyright: © repro.eu/wikipedia
Logo Persipura Jayapura.

INDOSPORT.COM - Sepanjang sejarah keikutsertaan Persipura Jayapura di kompetisi kasta tertinggi Liga Indonesia, mereka hanya belum pernah mengalami kekalahan dari dua klub kontestan.

Uniknya, dua klub yang belum pernah mengalahkan Persipura Jayapura merupakan saudara mudanya, yakni Persidafon Dafonsoro dan Persiram Raja Ampat.

Persidafon adalah rival Persipura dalam derby Jayapura. Klub asal Sentani, Kabupaten Jayapura itu pertama kali menapakkan kakinya di kasta tertinggi Liga Indonesia pada musim 2011/2012.

Sementara Persiram, juga mulai berkiprah di level teratas Liga Indonesia di musim yang sama, 2011/2012.

Sayangnya, nasib kedua tim asal Papua itu tak seberuntung saudaranya yang lain, seperti Persipura dan Persiwa Wamena.

Persidafon dan Persiram hanya bertahan di kompetisi tertinggi dalam waktu yang tak lebih dari tiga musim. Mereka bahkan masuk dalam daftar tim yang belum pernah menang atas Persipura di Liga Indonesia.

Persipura vs Persidafon 

Dalam kiprahnya, Persipura Jayapura terhitung sudah berhadapan dengan Persidafon Dafonsoro sebanyak empat kali di Liga Indonesia.

Empat laga tersebut dilakoni dalam dua musim beruntun, yakni dua laga di Liga Super Indonesia musim 2011/2012 dan dua laga di Liga Super Indonesia musim 2012/2013.

Dalam pertemuan pertama mereka, 5 Januari 2012 di Stadion Mandala, Persidafon menelan kekalahan dengan skor 3-1. Lalu di laga kedua yang digelar di Stadion Barbanas Youwe, 9 April 2012, kedua tim bermain imbang 1-1.

Tren tanpa kemenangan saat bersua Persipura kembali dialami Persidafon di musim berikutnya. Persidafon menuai kekalahan di dua pertemuan kontra Persipura di musim 2012/2013.

Di putaran pertama, 22 Februari 2013, tim yang identik dengan warna kebesaran putih hitam itu kalah dengan skor 2-0 di kandang sendiri. Di pertemuan kedua yang digelar di Stadion Mandala, 3 Juli 2013, Persidafon malah dihajar dengan skor sangat telak, 8-1.

Hingga mereka kembali turun kasta pada musim 2014, Persidafon belum berkesempatan mencicipi kemenangan atas saudara tuanya.