Bola Internasional

Tokcer di Finlandia, Eero Markkanen Hapus Catatan Buruk Bareng PSM di Liga 1

Sabtu, 20 Juni 2020 20:25 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Eks top skor PSM Makassar di Piala AFC 2019, Eero Markkanen, sukses menghapus catatan buruk selama mentas di Liga 1 musim lalu. Copyright: © INDOSPORT
Eks top skor PSM Makassar di Piala AFC 2019, Eero Markkanen, sukses menghapus catatan buruk selama mentas di Liga 1 musim lalu.

INDOSPORT.COM - Eks top skor PSM Makassar di Piala AFC 2019, Eero Markkanen, sukses menghapus catatan buruk selama mentas di Liga 1 musim lalu.

Jawara Piala Indonesia 2018-2019 itu sempat memakai jasa striker asal Finlandia selama setengah musim usai dilepas klub Liga 2 Swedia, Dalkurd FF.

Kehadiran Markkanen dalam skuat PSM edisi 2019 awalnya cukup menjanjikan. Berpostur 1,97 meter, dia tentu saja diunggulkan dalam urusan bola udara.

Tak hanya itu, label pernah semusim penuh berseragam Real Madrid Castilla (2014-2015) membuat publik Makassar berekspektasi lebih kepada ketajaman Eero Markkanen.

Hal tersebut sempat dibuktikan oleh striker yang sempat digembleng oleh Zinedine Zidane ini kala mengemas lima gol dan satu assist untuk PSM di Piala AFC 2019.

Jumlah gol tersebut menjadi yang tertinggi diantara rekan-rekan striker 28 tahun itu di PSM. Dirinya juga tampil sebanyak enam kali saat itu.

Bahkan ketika mentas di Piala Indonesia 2018-2019, Markkanen juga membuat empat gol dan satu assist dari lima pertandingan hingga mengantarkan Juku Eja ke podium juara.

Kendati demikian, ujian sesungguhnya akan ketajaman Markkanen terjadi saat mengarungi Liga 1. Dia dipinggirkan oleh pelatih Darije Kalezic.

Selama tujuh penampilan, Markkanen hanya membuat satu gol ketika PSM kalah 2-3 dari PSS Sleman di Liga 1 pada pekan ke-16, 23 Agustus 2019.

Kisah Markkanen bersama Pasukan Ramang pun selesai ketika klub yang dipimpin Munafri Arifuddin itu mendatangkan Amido Balde dari Persebaya Surabaya.

Striker kelahiran 3 Juli 1991 ini pun dilepas cuma-cuma PSM Makassar dan sempat terkatung-katung tak memiliki klub hingga enam bulan lamanya.

Hingga akhirnya Markkanen resmi dikontrak oleh klub Veikkausliiga (Liga 1 Finlandia) FC Haka, 7 Februari lalu dan dikontrak semusim penuh (31 Desember 2020).

Usai direkrut, catatan buruk pemain Timnas Finlandia selama di Liga 1 pun masih menghantui ketika tampil bersama FC Haka dalam pentas Suomen Cup.

1