Liga Indonesia

Defender Persik Kediri Paparkan Arti Nama Formigao Pada Jerseynya

Minggu, 21 Juni 2020 04:50 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Jefferson Alves Oliveira memaparkan maksud di balik arti nama Formigao yang selalu disematkannya pada setiap Jersey tim yang dibelanya, termasuk Persik Kediri di Liga 1 musim 2020 ini.

Pada sejumlah referensi baik Transfermarkt maupun Wikipedia, nama lengkap sang pemain belakang memang Jefferson Alves Oliveira. Namun pada jersey, defender berkebangsaan Brasil itu justru menyematkan nama Formigao.

Usut punya usut, nama di atas nomor punggungnya itu berasal dari kata formiga, yang artinya semut dalam Bahasa Portugis. 

"Formigao adalah panggilan akrab saya, bisa diartikan semut yang besar," kata Jefferson Alves Oliveira dalam komunikasi dengan Indosport.

Lantas, sejak kapan pemain 30 tahun itu lebih memilih untuk menyematkan nama akrabnya dibanding bagian dari nama lengkapnya itu?

"Saya dipanggil Formigao waktu umur 7 tahun. Dan sejak itu, saya selalu menggunakannya di jersey, bukan Jefferson," papar bek andalan Persik Kediri itu.

Diibaratkan sebagai semut tentu saja sempat membuatnya tidak nyaman. Namun secara perlahan, Jefferson menyadari bahwa nama Formigao lebih cocok dan melekat pada image-nya.

"Paulao dan Carlinhos yang memanggil saya Formigao pertama kalinya. Mereka adalah pelatih saya di Sao Francisco, klub pertama di Kota Caieras, Brasil," beber Jefferson yang baru menjalani musim perdananya di Liga 1.

"Ya memang awalnya saya tidak suka. Tapi saya semakin suka lantaran sudah melekat hingga di Instagram saat ini," sambung eks defender Sampdoria di pentas Serie A Italia tersebut.

Jefferson sendiri menjadi pengawal lini pertahanan klub Liga 1 Persik Kediri yang sarat pengalaman internasional. Sebelum berlabuh di tim Macan Putih, dia sudah menjalani karier selama 9 musim kompetisi bersama 9 klub di Serie A dan Serie B Italia.