Liga Inggris

4 Rekor Fantastis Liverpool Meski Gagal Menang dari Everton di Liga Inggris

Senin, 22 Juni 2020 07:32 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Peter Powell/Pool via Getty Images
Hasil Pertandingan Liga Inggris Everton vs Liverpool Copyright: © Peter Powell/Pool via Getty Images
Hasil Pertandingan Liga Inggris Everton vs Liverpool

INDOSPORT.COMLiverpool gagal meraih kemenangan dari Everton di pekan ke-30 Liga Inggris 2019/20. Namun sejumlah rekor masih sukses mereka ciptakan.

Mengusung ambisi untuk meraih kemenangan demi bisa langsung menggenggam gelar juara pekan berikutnya, Liverpool nyatanya hanya mampu bermain imbang melawan Everton, Senin dinihari waktu Indonesia (22/06/20).

Bermain di kandang lawan, Stadion Goodison Park pada pekan ke-30 Liga Inggris 2019/20, Liverpool hanya mampu berbagi poin satu dalam kedudukan imbang tanpa gol, 0-0.

Meski hanya bermain imbang, posisi Liverpool sebenarnya masih sangat aman di puncak klasemen. Bahkan kini mereka unggul 23 poin dari Manchester City yang belum memainkan pertandingan pekan ke-30.

Selain itu, kendati imbang melawan Everton, sejumlah rekor fantastis pun masih bisa ditorehkan oleh anak asuh pelatih Jurgen Klopp dari hasil laga tersebut.

Apa saja rekor fantastisnya? Berikut INDOSPORT merangkumkan.

Tak Terkalahkan atas Everton

Meski hanya imbang 0-0, hasil tersebut masih cukup untuk menunjukkan kebesaran Liverpool sebagai klub terbaik yang ada di Merseyside Inggris.

Hal itu dikarenakan dengan hasil imbang, artinya Liverpool sudah 22 pertandingan terakhir tak bisa dikalahkan oleh rival sekotanya, Everton.

Terakhir Liverpool menelan kekalahan atas Everton sendiri terjadi pada tanggal 17 Oktober 2010 di Liga Inggris, dalam skor 0-2. Setelah itu, klub berjuluk The Reds tersebut, sukses mengemas 11 kemenangan dan juga 11 lainnya berakhir imbang.

Rekor 22 pertandingan atas Everton itu juga merupakan rekor tertinggi Liverpool, jika dibandingkan saat melawan klub lain di semua kompetisi.

Karena selain Everton, dalam sejarah Liverpool paling lama juga pernah 22 kali tak terkalahkan secara berturut-turut, saat melawan Aston Villa dari periode tahun 1981 sampai 1992.

Jurgen Klopp Tak Pernah Kalah dari Everton

Bukan hanya buat Liverpool secra keseluruhan. Buat pelatih atau manajer mereka Jurgen Klopp, hasil imbang melawan Everton juga mampu melanjutkan catatan rekor bagusnya selama hijrah ke Liga Inggris.

Dengan tambahan hasil imbang tersebut, kini artinya Jurgen Klopp telah mencatatkan 11 pertandingan tak pernah kalah dari Everton. Dalam rincian tujuh menang dan empat kali imbang,

Catatan itu juga merupakan yang tertinggi buat klub sepanjang kariernya. Sebab sejauh ini, selain Everton, Klopp baru hanya mampu mencatakan rekor tertinggi tujuh kali tak terkalahkan dari Stoke City, lima pertandingan dari Brighton & Hove Albion, serta lima pertandingan atas klub kasta kedua Bundesliga Jerman, FC Erzgebirge Aue.

Everton vs Liverpool Laga Paling Sering Imbang

Meski secara rekor kemenangan Liverpool jauh mengungguli Everton. Begitupun dalam hal kekalahan, di mana mereka sudah 22 laga tak pernah kalah dari rivalnya sesama klub asal Merseside itu.

Tapi hasil imbang pekan ke-30 Liga Inggris itu juga menunjuklan fakta lain bahwa Liverpool selalu sulit untuk meraih kemenangan setiap bertandang ke markas Everton, Goodison Park. Dengan catatan sejauh ini, sudah tujuh laga terakhir di Goodison Park, Liverpool hanya mampu bermain imbang.

Selain itu dalam sejarah Liga Inggris di era modern, pertandingan antara Everton vs Liverpool juga merupakan laga yang paling sering berakhir imbang tanpa gol. Dengan catatan 11 kali terjadi, rekor yang juga merupakan terbanyak dibandingkan laga antara dua klub lain di kompetisi kasta tertinggi Inggris itu.