Liga Inggris

3 Cara Liverpool Tiru Dominasi Manchester United di Liga Inggris

Minggu, 21 Juni 2020 21:49 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© PAUL ELLIS/AFP/Getty Images
Liverpool sangat mungkin mengikuti jejak Man United yang mendominasi Liga Inggris dalam waktu lama, asalkan mereka mampu melakoni tiga cara ini. Copyright: © PAUL ELLIS/AFP/Getty Images
Liverpool sangat mungkin mengikuti jejak Man United yang mendominasi Liga Inggris dalam waktu lama, asalkan mereka mampu melakoni tiga cara ini.

INDOSPORT.COM - Liverpool sangat mungkin mengikuti jejak Man United yang mendominasi Liga Inggris dalam waktu lama, asalkan mereka mampu melakoni tiga cara ini. 

Liverpool sudah berada satu kaki untuk melepaskan dahaga menjuarai Liga Inggris. Menyisakan 9 pertandingan dengan keunggulan 22 poin dari Manchester City jelas membuat Liverpool begitu diunggulkan untuk jadi juara.

Liverpool musim ini tampil sangat superior. Mohamed Salah dkk meraih 27 kemenangan dari 29 laga. The Reds cuma merasakan satu kali seri dan kekalahan sepanjang musim ini di Liga Inggris. 

Tak cuma itu, mereka juga begitu dominan dengan catatan 66 gol (tertinggi kedua) dan hanya kebobolan 21 gol (terbaik). Liverpool mengulangi pencapaian luar biasa mereka musim lalu ketika hampir merebut double winner. 

Selain merebut gelar Liga Champions setelah masuk final dua kali beruntun, mereka juga sanggup mengumpulkan 97 poin di Liga Inggris. Sayang, Liverpool gagal menggondol gelar Liga Inggris setelah berselisih satu poin dari Man City. 

Liverpool pun digadang-gadang bisa mengulangi dominasi Manchester United di Liga Inggris. Namun, anggapan ini tidak diamini oleh Jurgen Klopp, pelatih Liverpool.

Klopp merasa meniru dominasi Manchester United bukanlah hal mudah. Meski begitu, ada sejumlah cara agar Liverpool bisa mengulangi tinta emas yang ditorehkan Man United. Berikut ulasannya. 

1. Stabilitas Tim

Cara pertama tentu saja adalah dengan mempertahankan skuat yang ada. Itu artinya, Liverpool diharamkan untuk menjual bintang-bintangnya di bursa transfer. 

Saat ini, trio Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane menjadi pilar penting yang mengantarkan kesuksesan Liverpool. Apabila dominasi ingin berlanjut, The Reds harus bisa mempertahankan ketiga pemain tersebut. 

Tentu saja trio Salah, Mane, Firmino, bukan satu-satunya yang berjasa dalam kesuksesan Liverpool. Ada pemain lain seperti Virgil Van Dijk, Alisson Becker, Jordan Henderson, dll. 

Jika Liverpool bisa mempertahankan pemain-pemain ini maka mimpi untuk mendominasi Liga Inggris diyakini bisa terwujud. Tentu saja stabilitas tim juga bergantung dengan keberadaan sosok Jurgen Klopp di kursi kepelatihan.

2. Manajemen Sehat

Salah satu kunci suskes Manchester United di masa lalu adalah stabilitas keuangan yang dimiliki mereka. Meski tak bisa menghindari utang, namun Man United adalah tim di Liga Primer Inggris yang selalu elite dan mampu belanja pemain-pemain mahal.
 
Liverpool benar-benar beruntung ketika tampuk kekuasaan berpindah ke tangan Fenway Sports Group (FSG) sekitar sembilan tahun lalu. Pimpinan mereka, John W Henry, jelas lebih baik daripada keluarga Glazers, yang memiliki Manchester United.

Kini, perlahan-lahan FSG mulai berhasil membangkitkan klub Liverpool sebagai salah satu raksasa di Inggris dan Eropa. Pemilik Liverpool sanggup menepati sejumlah janji penting. 

Janji-janji itu adalah mengurangi utang klub yang dibuat pemilik di masa lalu, bersaing merebut trofi, mengembalikan kejayaan klub di dalam dan luar lapangan, serta mengembalikan kultur juara Liverpool. 

Itu artinya, Liverpool saat ini dibangung untuk kesuksesan jangka panjang. Maka dari itu, jika hal ini terus berjalan sebagaimana mestinya, The Reds memiliki modal yang cukup untuk bisa mendominasi Liga Inggris dalam waktu cukup lama.