Liga Italia

Jadi Legenda di AC Milan, Shevchenko Malah Berterima Kasih ke Jose Mourinho

Senin, 22 Juni 2020 06:32 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Yosef Bayu Anangga
© https://www.instagram.com/andriyshevchenko
Legenda AC Milan, Andriy Shevchenko mengungkapkan sosok paling berpengaruh dalam perjalanan kariernya, yakni pelatih Tottenham Hotspur saat ini, Jose Mourinho. Copyright: © https://www.instagram.com/andriyshevchenko
Legenda AC Milan, Andriy Shevchenko mengungkapkan sosok paling berpengaruh dalam perjalanan kariernya, yakni pelatih Tottenham Hotspur saat ini, Jose Mourinho.

INDOSPORT.COM - Legenda hidup AC Milan, Andriy Shevchenko mengungkapkan sosok yang paling berpengaruh dalam perjalanan kariernya. Pelatih Tottenham Hotspur saat ini, Jose Mourinho adalah salah satunya.

Shevchenko saat ini menjadi pelatih Timnas Ukraina. Setali tiga uang, mantan pemain AC Milan lainnya seperti Gennaro Gattuso baru saja mengantarkan Napoli juara Coppa Italia, lalu Cristian Brocchi membawa Monza ke Serie B, dan Filippo Inzaghi bakal mengembalikan Benevento ke kasta tertinggi.

Kesuksesan Shevchenko saat ini ternyata ia dapat dari pelatih-pelatih yang pernah berkerja sama dengannya selama ia masih menjadi pemain profesional. Salah satu pelatih yang berpengaruh kepadanya adalah Jose Mourinho.

Walaupun hanya satu musim berada di bawah asuhan Mourinho selama membela Chelsea pada musim 2006/07 yang lalu, pria yang akrab disapa Sheva itu mengaku mendapat banyak pelajaran dari pelatih berjuluk The Special One itu.

"Saya belajar banyak hal dari Mourinho. Cara dia mengelola tim sangat menarik. Jose selalu menemukan sesuatu dari ketiadaan. Ini mentalitasnya. Kamu harus selalu percaya bisa membalikkan permainan di detik terakhir," kata Andriy Shevchenko dilansir dari Football Italia.

Peraih gelar Ballon d'Or 2004 itu mengenang salah satu pertandingan yang membuatnya semakin percaya bahwa Jose Mourinho adalah pelatih hebat yang mempunyai mentalitas baja.

"Ada banyak contoh pertandingan besar yang mengejutkan pada menit akhir, seperti Manchester United melawan Bayern Munchen pada 1999. Hanya butuh dua menit," kata Andriy Shevchenko, mantan penyerang andalan AC Milan.

Sheva bekerja di Timnas Ukraina sejak Februari 2016 dengan menjadi asisten Mykhaylo Fomenko. Ia kemudian meloloskan Ukraina ke putaran final Piala Eropa 2020 (digelar pada 2021) setelah didapuk menjadi pelatih kepala menggantikan Fomenko yang mundur Juli 2016.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%