Liga Italia

Starting XI Pemain Bintang yang Berstatus Bekas Palermo

Senin, 22 Juni 2020 14:30 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Paulo Dybala adalah salah satu bintang sepakbola yang tercatat pernah memperkuat Palermo. Copyright: © Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Paulo Dybala adalah salah satu bintang sepakbola yang tercatat pernah memperkuat Palermo.

INDOSPORT.COMPalermo adalah nama bersejarah dalam dunia sepak bola Italia. Mereka adalah salah satu tim yang mampu menghadirkan kejutan dan berhasil membuat Serie A Italia kembali menyenangkan untuk ditonton.

Meskipun telah dinyatakan bangkrut pada tahun 2019 lalu dan lahir kembali dengan nama SSD Palermo, tak ada salahnya kita mengenang skuat bintang Palermo lama ketika mereka masih aktif bermain di Serie A Italia.

Periode paling sukses Palermo terjadi lebih dari sedekade yang lalu. Mereka berhasil tampil mengejutkan dengan selalu finish di peringkat 6 besar selama 3 musim beruntun sesaat usai mereka promosi dari Serie B Italia.

Hal tersebut tentu membuat mereka kemudian disebut-sebut sebagai salah satu kuda hitam paling berbahaya di Seri A Italia pada masanya dulu. Bahkan, 4 pemain mereka, Cristian Zaccardo, Fabio Grosso, Andrea Barzagli, dan Simone Barone masuk ke dalam skuat Italia yang sukses mengangkat trofi Piala Dunia 2006.

Kesuksesan yang Palermo raih harus dibayar mahal. Para yang tampil moncer dan sukses menjadi bintang bersama mereka menjadi incaran klub-klub papan atas Eropa. Satu demi satu, bintang-bintang Palermo hengkang dari Stadio Renzo Barbera.

Hal yang membuat mereka kemudian mengalami penurunan performa dan akhirnya harus turun dari Serie A Italia lalu dinyatakan bangkrut setahun yang lalu.

Andaikata Palermo enggan menjual pemain bintang mereka dan tetap mempertahankan mereka di Renzo Barbera, kira-kira bagaimana nasib Palermo saat ini?

Dirangkum dari Squawka, berikut adalah daftar starting XI yang berisi bintang-bintang sepakbola yang tercatat pernah memperkuat Palermo dulu. Ini merupakan gambaran bagaimana kekuatan Palermo andaikata mereka tetap mempertahankan pemain-pemain bintangnya di Renzo Barbera.

Kiper: Salvatore Sirigu

Sirigu adalah salah satu kiper terbaik Italia. Penampilan apiknya bersama Palermo selama 2009-2010 membuat PSG kepincut dan memboyongnya ke Parc des Princes. Bersama PSG, Sirigu tercatat sukses meraih 13 trofi sebelum akhirnya hengkang karena posisinya tergeser.

Bek Tengah: Andrea Barzagli

Barzagli jelas merupakan salah satu bek legendaris Italia. Moncer bersama Palermo, dirinya dikenal ketika menciptakan salah satu lini pertahanan paling kuat di Serie A Italia ketika berpasangan dengan Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci di Juventus.

Bek Tengah: Kamil Glik

Meskipun kesulitan tampil reguler di Palermo, Glik adalah salah satu bek terbaik Serie A Italia ketika dirinya berseragam Torino. Saat ini bek tangguh asal Polandia ini tercatat bermain untuk AS Monaco dan sempat meraih gelar sebagai bek dengan catatan gol terbanyak musim 2016/17 sekaligus sukses mengantarkan trofi Ligue 1 untuk Monaco.

Bek Tengah: Simon Kjaer

Menggantikan posisi Barzagli usai diboyong dari FC Midtjylland pada tahun 2008, Kjaer menjelma menjadi salah satu bek tangguh Serie A Italia. Dirinya juga tercatat pernah menjadi pemain paling diburu saat masih berseragam Palermo.