Liga Indonesia

Suka Duka Hilmansyah Jadi Kiper Sejak Gabung PSM di Liga 1 2017

Senin, 22 Juni 2020 00:28 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Penjaga gawang berusia 23 tahun, Hilmansyah (kanan), bercerita mengenai suka dukanya menjadi kiper PSM Makassar sejak bergabung di ajang Liga 1 2017 silam. Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Penjaga gawang berusia 23 tahun, Hilmansyah (kanan), bercerita mengenai suka dukanya menjadi kiper PSM Makassar sejak bergabung di ajang Liga 1 2017 silam.

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang berusia 23 tahun, Hilmansyah, bercerita mengenai suka dukanya menjadi kiper PSM Makassar sejak bergabung di ajang Liga 1 2017 silam.

Pria asal Kabupaten Jeneponto ini harus melewati satu musim untuk mendapatkan kesempatan mentas di kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia.

Laga debutnya terjadi pada pekan ke-19 Liga 1 2018 saat Pasukan Ramang menjamu Perseru Serui yang berakhir dengan skor imbang 2-2 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar.

Kala itu, ia masuk menggantikan penyerang sayap, M Rahmat di menit ke-39 menyusul kartu merah yang didapatkan oleh kiper utama, Imam Arief Fadillah.

Sejak saat itu, Hilmansyah semakin mendapatkan kepercayaan tampil sebagai kiper inti hingga sempat mengikuti pemusatan latihan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 pada awal tahun 2019.

Meski belum sepenuhnya mengamankan posisi kiper inti dan sadar masih memiliki kelemahan, nyatanya ia merasa kerasan hingga memasuki musim keempat bersama PSM Makassar.

"Tentu merasa nyaman bersama klub ini meski ya tidak segampang itulah menjadi kiper," ungkapnya dalam sebuah wawancara belum lama ini.

"Kiper itu tanggung jawabnya sangat besar sehingga paling mudah disalahkan. Seribu penyelamatan akan hilang ketika melakukan satu kesalahan saja," imbuhnya.

Hilmansyah sendiri telah mencatatkan 13 penampilan bersama PSM Makassar di ajang Liga 1 di mana dua di antaranya terjadi pada musim 2020 ini sebelum kompetisi terhenti di pekan ketiga.