Liga Indonesia

3 Pelatih Korea Selatan yang Bisa Gantikan Shin Tae-yong di Indonesia

Selasa, 23 Juni 2020 15:31 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Mike Kireev/NurPhoto via Getty Images
Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae-yong bisa saja digantikan posisinya oleh rekan senegaranya. Copyright: © Mike Kireev/NurPhoto via Getty Images
Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae-yong bisa saja digantikan posisinya oleh rekan senegaranya.

INDOSPORT.COMShin Tae-yong dikabarkan bakal dipecat dari Timnas Indonesia. Berikut 3 mantan pelatih Timnas Korea Selatan yang bisa menggantikan posisi tersebut.

Ketua Ketua Satuan Tugas (Satgas) Timnas Indonesia, Syarif Bastaman baru-baru ini menyatakan, kontrak pelatih skuat Garuda, Shin Tae-yong bisa saja diputus alias dipecat.

Hal itu bisa terjadi, apabila pelatih asal Korea Selatan itu tak kunjung datang untuk melatih para pemain Timnas Indonesia U-19 jelang Piala Asia U-19 2020.

Andai Shin Tae-yong mangkir, PSSI akan melakukan evaluasi dan kerja samanya bisa saja terancam karena dianggap tidak melaksanakan tugas. 

"Kalau tak datang harus kami evaluasi, mungkin dipecat. Sejago apapun dia, kalau dia tidak datang, tak mau melatih bisa saja (kami pecat)," kata Syarif Bastaman.

"Kami minta minggu depan, kami lihat minggu depan datang atau tidak dia," lanjutnya.

Lebih lanjut, Syarif Bastaman menjelaskan, PSSI hanya ingin bertemu empat mata dengan Shin Tae-yong untuk membahas kelanjutan program Timnas Indonesia. 

"Itu saja, datang, duduk, lalu sepakati program seperti apa. Ini ada saya, yang ditugaskan PSSI khusus untuk mengelola timnas, dan dengan demikian bermitra dengan tim kepelatihan. Mari kita duduk, susun program. Itu dulu," tegasnya.

Andai Shn Tae-yong benar-benar akan didepak dari Timnas Indonesia, maka setidaknya ada tiga eks pelatih Korea Selatan yang bisa menjadi pengganti. Siapa sajakah mereka?

Heo Jeong-mu

Nama pertama yang mungkin cocok menggantikan tugas Shin Tae-yong di kursi kepelatihan Skuat Garuda adalah Heo Jeong-mu.

Peltaih berusia 65 tahun tersebut memiliki pengalaman yang cukup baik di level Asia. Mengingat, ia cukup banyak mengantongi gelar prestisius dalam kariernya.

Terhitung, ia mampu mengoleksi lima trofi dari berbagai tim berbeda, yakni Poan Steelworks (satu kali), Jeonam Dragons (tiga kali) dan Timnas Korea Selatan (satu kali).

Apalagi, saat ini Heo Jeong-mu tidak menjalin kerja sama dengan klub manapun. Ia terahir kali menjabat sebagai direktur teknik di klub Korea Selatan, Daejeon Citizen.