Liga Spanyol

Barcelona vs Bilbao: Pique Punya ‘Dendam Kesumat’ ke Wasit Ini?

Selasa, 23 Juni 2020 13:19 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© TF-Images/Getty Images
Gerard Pique mungkin akan diliputi dendam kesumat terhadap wasit bernama Jesus Gil Manzano saat laga Barcelona vs Athletic Bilbao, Rabu (24/06/20). Copyright: © TF-Images/Getty Images
Gerard Pique mungkin akan diliputi dendam kesumat terhadap wasit bernama Jesus Gil Manzano saat laga Barcelona vs Athletic Bilbao, Rabu (24/06/20).

INDOSPORT.COM – Pemain andalan Barcelona, Gerard Pique, mungkin akan diliputi dendam kesumat terhadap wasit yang memimpin pertandingan timnya melawan Athletic Bilbao, Rabu (26/06/20) dini hari WIB.

Barcelona wajib memenangkan duel kandang melawan Bilbao demi meraup tiga poin yang membantu mereka menggeser posisi Real Madrid dari puncak klasemen sementara LaLiga Spanyol.

Meski diunggulkan secara statistik, Blaugrana mungkin akan menghadapi masalah nonteknis karena sosok wasit yang akan memimpin pertandingan, yakni Jesus Gil Manzano.

Dilansir dari outlet olahraga Spanyol, Marca, Gin Manzano punya catatan buruk bagi Blaugrana terutama Gerard Pique yang secara frontal sempat mengecam keputusannya terkait penalti.

Ini terjadi ketika laga kontra Real Sociedad yang berakhir dengan skor imbang 2-2 pada 14 Desember 2019, di mana Pique ditolak diberi penalti usai dilanggar di kotak terlarang.

Pada laga tersebut, Manzano enggan memberi penalti dan menolak melihat rekaman kejadian melalui VAR. Padahal sebelumnya, Manzano menghadiahi penalti kepada Real Sociedad akibat pelanggaran oleh Sergio Busquets.

Ini bukan pertama kali keputusan Jesus Gil Manzano merugikan Barcelona. Sebelumnya, Pique bahkan memprotes sang wasit karena menghadiahi kartu merah kepada Clement Lenglet saat lawan Girona.

“Sejarah bicara sendiri,” kata Pique saat itu.

Kebencian Gerard Pique terhadap Manzano juga pernah terjadi pada 2017 silam. Kala itu dia menilai Manzano lebih memihak Real Madrid yang mengalahkan Villarreal dengan skor 3-2 berkat hadiah penalti kontroversial di akhir laga.

Secara keseluruhan, Jesus Gin Manzano telah menjadi wasit Barcelona 23 kali, dengan 15 kemenangan untuk tim Catalan, lima imbang, tiga kekalahan, dan enam kartu merah.

Nah, melihat ketatnya persaingan antara Real Madrid dan Barcelona di klasemen sementara LaLiga Spanyol, sosok Manzano pun jadi sorotan.

Jika Barcelona gagal memetik kemenangan di laga kontra Athletic Bilbao, Gerad Pique cs kian tertinggal dari Real Madrid. Hal ini diperparah jika Los Blancos menang atas Mallorca pada Kamis (25/06/20) besok.