Liga Indonesia

Liga 1 Segera Dimulai, Pelatih Persib Titip Pesan untuk Suporter

Selasa, 23 Juni 2020 10:48 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Officer Persib
Persib berlatih di Lapangan Inspire Arena, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (20/03/2020) Copyright: © Media Officer Persib
Persib berlatih di Lapangan Inspire Arena, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (20/03/2020)

‎INDOSPORT.COM - Pelatih tim Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengatakan penerapan protokol kesehatan penting saat kompetisi Liga 1 2020 dilanjutkan kembali pada September atau Oktober mendatang. 

Menurutnya, dengan penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari dan saat kompetisi bergulir kembali, bisa mencegah penularan virus corona atau covid-19 yang saat ini masih terjadi. 

Robert Alberts menambahkan, skuat Maung Bandung dipastikan bakal menerapkan protokol kesehatan saat kembali beraktivitas baik di dalam lapangan seperti saat latihan dan pertandingan maupun di kehidupan sehari-hari.

"Yang terpenting saat ini adalah soal protokol keselamatan, itu peraturan yang paling penting untuk disesuaikan. Seperti laga bisa dimainkan dengan aman dan kesehatan menjadi prioritas. Lima pergantian pemain juga bisa dilakukan," kata Robert Alberts. 

Sebagai informasi, sebelumnya PSSI mengeluarkan protokol kesehatan yang akan diterapkan saat kompetisi Liga 1 dan Liga 2 digulirkan kembali, salah satunya rencana pertandingan akan dipusatkan di Pulau Jawa dan tanpa penonton. 

Menurut Robert Alberts, protokol kesehatan tersebut sangat bagus dan harus diikuti oleh semua pihak. Agar, kompetisi bisa kembali bergulir dengan lancar. 

"Selain itu laga tidak digelar dalam format home and away tapi kami bermain di stadion terpilih untuk meminimalisir pengeluaran perjalanan tim. Kami juga akan bermain di stadion tanpa penonton dan ini penting," ungkapnya. 

Pelatih asal Belanda ini berharap, suporter bisa memahami kondisi yang terjadi saat ini dan mengikuti keputusan yang diambil oleh pihak terkait. Karena, jika kondisi sudah membaik, stadion pasti bisa dihadiri kembali oleh penonton.

"Semua suporter harus mengerti, disiplin dan tidak mengganggu. Pihak kesehatan harus bersiap dan social distancing juga harus tetap berlaku. Penonton tidak boleh datang ke stadion karena laga digelar tertutup," ucap Robert Alberts. 

Sementara itu, hingga saat ini Persib masih meliburkan aktivitas latihannya. Skuat Maung Bandung, belum memulai kembali latihannya, karena menunggu jadwal kompetisi Liga 1 2020.