Liga Champions

2 Pencetak Gol di Final Liga Champions yang Mulai Terlupakan

Rabu, 24 Juni 2020 01:45 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Juliano Belletti dan Dimitri Alenichev adalah dua dari sederet pencetak gol di ajang Liga Champions yang mulai terbuang dari ingatan para pencinta sepak bola. Copyright: © INDOSPORT
Juliano Belletti dan Dimitri Alenichev adalah dua dari sederet pencetak gol di ajang Liga Champions yang mulai terbuang dari ingatan para pencinta sepak bola.

INDOSPORT.COM - Juliano Belletti dan Dimitri Alenichev adalah dua dari sederet pencetak gol di ajang Liga Champions yang mulai terbuang dari ingatan para pencinta sepak bola.

Momen final Liga Champions menghadirkan kenangan tak terlupakan. Termasuk muncul nama-nama asing alias pemain yang kurang terkenal, namun tiba-tiba membuat kejutan dengan menciptakan gol. 

Sayangnya, nama-nama tersebut hanya dielu-elukan di momen itu saja. Kini, jasa mereka seolah hilang ditelan waktu. Nama-nama para pemain pun bisa jadi jarang tersemat di kaos jersey yang dijual di pusat perbelanjaan.

Berikut dua pencetak gol di final Liga Champions yang mulai terlupakan.

Dmitri Alenichev

Dimitri Alenichev merupakan salah satu pencetak gol FC Porto dalam malam final Liga Champions 2003/04 melawan AS Monaco. Klub besutan Jose Mourinho itu keluar sebagai juara dengan skor 3-0. 

Bertanding di Arena AufSchalke, tiga gol FC Porto diciptakan oleh Carlos Alberto, Deco dan Dmitri Alenichev. AS Monaco sama sekali tak berhasil membalas tiga gol tersebut.

Alhasil, Porto berhak mengangkat trofi 'si Kuping Besar'. Itu bukan kali pertama Porto menjadi yang terhebat di Eropa. Sebelumnya, saat turnamen masih berjuluk European Cup, Portistas Dragões juga pernah menyabet juara, yakni di musim 1986/87. 

Meski mencetak gol, nama Dmitri Alenichev, tak terlalu dikenang. Dua pencetak gol lainnya, Carlos Alberto dan Deco, cenderung lebih familiar bagi pecinta sepak bola. Deco bahkan menjadi Man of the Match. 

Setelah gantung sepatu, Dmitri Alenichev, sempat menjajal karier kepelatihan dengan menukang beberapa klub Liga Rusia, seperti Arsenal Tula dan Yenisey Krasnoyarsk. Kabar terkini, Dmitri sekarang menjadi politisi di Rusia.