Liga Inggris

Melihat Kembali Momen Terakhir Kali Liverpool Selebrasi Juara Liga Inggris

Kamis, 25 Juni 2020 15:56 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Melihat kembali momen Liverpool menjadi juara Liga Inggris terakhir kali pada 30 tahun silam, tepatnya pada tanggal 28 April 1990. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Melihat kembali momen Liverpool menjadi juara Liga Inggris terakhir kali pada 30 tahun silam, tepatnya pada tanggal 28 April 1990.

INDOSPORT.COM - Melihat kembali momen Liverpool menjadi juara Liga Inggris terakhir kali pada 30 tahun silam, tepatnya pada tanggal 28 April 1990.

Liverpool adalah klub dengan sejarah yang sukses. The Reds memiliki banyak trofi di masa lampau. Namun, dalam tiga dekade ke belakang ini prestasi Liverpool tak sementereng di masa lalu.

Kejayaan Liverpool di Liga Inggris terhenti usai mereka berhasil meraih gelar di musim 1989/1990. Kala itu kompetisi masih bernama Diviri Pertama Liga Inggris.

Pada kompetisi musim 1989/90, Liverpool memastikan gelar juara Liga Inggris usai mengalahkan Queens Park Rangers 2-1 pada pertandingan pekan ke-37 di Anfield.

The Reds berhasil menjadi juara setelah bersaing ketat dengan Aston Villa. Hingga akhirnya, Liverpool yang dinahkodai Kenny Dalglihs saat itu menjadi raja di Liga Inggris dengan koleksi 18 trofi juara.

Namun setelah itu, The Reds seperti terkena kutukan karena sudah puasa gelar 30 tahun lamanya. Ditambah Liverpool harus rela melihat rivalnya, Manchester United yang berkuasa di di Liga Inggris era baru yang namanya diganti menjadi Premier League.

Bahkan di era liga anyar, yakni Premier League Liverpool sama sekali belum pernah mencicipi satu pun gelar juara. Liverpool hanya bisa menjadi runner-up hingga sebutan ejekan 'next year' melekat di skuat The Anfield Genk untuk meraih juara.

Akan tetapi, saat ini situasi kembali berubah. Setelah tiga puluh tahun puasa gelar, Liverpool tampaknya sudah kembali dalam jalur juara di bawah asuhan Jurgen Klopp.

Buktinya Liverpool kini kokoh berada di puncak klasemen Liga Inggris dengan raihan 86 poin dari 31 pertandingan. Liverpool pun sudah di ambang menjadi juara Liga Inggris lagi setelah terakhir kali mereka memenangkannya 30 tahun silam.