Bola Internasional

5 Bek Termahal di Dunia Saat Ini: Liverpool Mendominasi

Jumat, 26 Juni 2020 18:15 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Michael Regan/Getty Images
Virgil van Dijk (Liverpool) adalah salah satu bek termahal di dunia saat ini. Copyright: © Michael Regan/Getty Images
Virgil van Dijk (Liverpool) adalah salah satu bek termahal di dunia saat ini.

INDOSPORT.COM – Juara Liga Inggris 2019-2020, Liverpool, mendominasi daftar bek termahal dunia di dunia sepak bola saat ini.

Bek atau lini belakang adalah tulang punggung yang terdapat dalam semua tim papan atas di seluruh dunia. Mereka menghalau gempuran lawan serta membantu membangun serangan demi terciptanya sebuah gol.

Tim-tim seperti Manchester City, Bayern Munchen, dan Liverpool adalah yang berhasil memanfaatkan lini belakang mereka dengan baik. Selain berfungsi mencegah terjadinya gol, lini belakang di tim-tim tersebut juga berfungsi membangun alur serangan.

Dirangkum dari Sportskeeda, berikut 5 bek termahal di dunia saat ini. Daftar ini sendiri didominasi oleh tiga pemain Liverpool. Bukan sesuatu yang mengejutkan, mengingat peran sentral ketiga pemain tersebut untuk The Reds dalam beberapa musim terakhir.

Trent Alexander-Arnold, Liverpool – 69 juta euro (Rp1,1 triliun)

Salah satu otak kecemerlangan Liverpool dalam beberapa musim ini. Alexander-Arnold memegang peran krusial dalam kesuksesan yang diraih oleh The Reds musim ini.

Mencatatkan 12 umpan sepanjang musim 2019-2020, Alexander-Arnold adalah sosok bek modern yang memiliki umpan akurat dan pemahaman taktik mumpuni. Selain itu, bek berusia 21 tahun ini juga andal dalam situasi bola-bola mati.

Tak heran dirinya tercatat memiliki banderol senilai lebih dari Rp1 triliun. Kecemerlangannya diharapkan masih bisa terlihat untuk beberapa musim ke depan.

Virgil van Dijk, Liverpool – 88 juta euro (Rp1,4 triliun)

Van Dijk adalah nyawa di jantung pertahanan Liverpool. Kedatangannya ke Anfield berhasil mengubah lini belakang The Reds menjadi setangguh batu karang.

Meskipun didatangkan dengan banderol selangit, performa Van Dijk disebut-sebut terlalu murah untuk 75 juta poundsterling (Rp1,3 triliun) yang dikeluarkan oleh Liverpool.

Kekuatan utama bek berusia 28 tahun ini ada pada kemampuannya membaca permainan yang dipadukan dengan tekel dan umpan jarak jauh yang bisa disebut sebagai salah satu yang terbaik di Liga Inggris saat ini.