Bola Internasional

Liverpool Juara Liga Inggris, Jacksen Tiago Kagum Kejeniusan Jurgen Klopp

Jumat, 26 Juni 2020 17:05 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
© Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago.

INDOSPORT.COM - Liverpool berhasil memastikan gelar juara kompetisi Liga Inggris 2019-2020 lebih cepat berkat kemenangan Chelsea atas Manchester City di laga pekan ke-31, Jumat (26/6/20) dini hari tadi.

Keberhasilan Liverpool merengkuh gelar juara Liga Inggris untuk pertama kalinya itu diakui pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, berkat kejeniusan seorang Jurgen Klopp.

Meski bukan seorang penggemar Liga Inggris, Jacksen mengakui peran dan etos kerja yang diterapkan Jurgen Klopp di Liverpool selama beberapa tahun terakhir menjadi kunci kesuksesan klub asal Merseyside itu.

Sebagai sesama pelatih, Jacksen F. Tiago menilai konsep yang diterapkan Klopp di Liverpool sungguh dinamis dan anti mainstream, sehingga susah ditebak lawan.

"Saya sebenarnya tidak tertarik dengan faktor Liverpool karena saya bukan fans klub apa pun di luar Brasil. Tapi, yang menjadi perhatian saya adalah konsep kerja Jurgen Klopp sebagai pelatih," ujar Jacksen kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Jumat (26/6/20).

"Dia membentuk sebuah tim yang sangat modern dan agresif. Benar-benar Kontras dengan filosofi sepak bola ball possesion yang akhir-akhir ini menjadi tren dunia," tambahnya.

Strategi yang diusung Jurgen Klopp bersama Liverpool membuat seorang Jacksen kagum, mulai dari gaya bertahan hingga transisi ke menyerang.

"Aspek pressure, quick transition dalam menyerang maupun bertahan dan vertikalitas Liverpool sungguh menjadi hal yang menarik atensi saya," tandas Jacksen.

Sekadar informasi, Jacksen F. Tiago merupakan pengagum dan fans fanatik klub asal Brasil, Flamengo, tapi sebagai seorang pelatih, ia tak pernah ketinggalan mengikuti perkembangan sepak bola dunia.