In-depth

Mohamed Salah, Wahyu yang Selama Ini Dinanti Liverpool

Jumat, 26 Juni 2020 15:23 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Paul Ellis/Pool via Getty Images
Mohamed Salah datang ke Liverpool bak juruselamat yang mampu membawa The Reds ke kembali ke puncak kejayaan di Liga Inggris dan Eropa. Copyright: © Paul Ellis/Pool via Getty Images
Mohamed Salah datang ke Liverpool bak juruselamat yang mampu membawa The Reds ke kembali ke puncak kejayaan di Liga Inggris dan Eropa.

INDOSPORT.COM - Mohamed Salah datang ke Liverpool bak juruselamat yang mampu membawa The Reds ke kembali ke puncak kejayaan di Liga Inggris dan Eropa. 

Liverpool akhirnya sukses menggondol gelar juara Liga Inggris musim 2019-2020. Gelar ini menjadi trofi ke-19 mereka sepanjang keikutsertaan di liga tertinggi Inggris. 

Keberhasilan mereka merengkuh trofi musim ini sekaligus mengakhiri penantian 30 tahun mereka sejak terakhir menjuarai liga pada tahun 1990 silam. 

Perjalanan Liverpool untuk mengakhiri puasa gelar liga selama 30 tahun musim ini terbilang sangat fenomenal. Bagaimana tidak, sejak awal kompetisi, mereka sanggup memimpin puncak klasemen. 

Bahkan, sampai pekan ke-31, mereka mampu menjaga jarak selisih poin mencapai 23 angka dari rival terdekatnya, Manchester City. 

Kebangkitan Liverpool tentu tidak datang begitu saja. Apa yang mereka dapatkan dalam dua musim terakhir ini sudah dibangun sejak tahun 2017. 

Adalah sosok Mohamed Salah yang hadir bak juruselamat di Liverpool. Mohamed Salah bagaikan wahyu yang selama ini ditunggu-tunggu Liverpool untuk mengembalikan masa kejayaan mereka di Inggris dan Eropa. 

Datang Sebagai Penyelamat

Liverpool benar-benar beruntung ketika tampuk kekuasaan berpindah ke tangan Fenway Sports Group (FSG) pimpinan John W Henry sekitar sembilan tahun lalu.

John W Henry melakukan reformasi luar biasa di Liverpool dimulai dari menarik Jurgen Klopp sebagai pelatih kepala pada 2015. Namun, keputusan kunci Liverpool saat mungkin adalah ketika memutuskan mendatangkan Mohamed Salah dari AS Roma pada Juni 2017 silam. 

Mohamed Salah yang sempat gagal bersinar di Inggris bersama Chelsea, mendadak menjadi bintang di klub AS Roma. Selam kurang lebih di tim ibu kota, ia mampu menciptakan 34 gol dan 22 assist dari 83 laga. 

Liverpool pun jeli akan catatan ini. Mereka memutuskan untuk merekrut Salah dengan mahar 39 juta euro. 

Kedatangan Salah bukan tanpa pertentangan. Banyak fans yang meragukan pemain asal Mesir tersebut. Selain pernah gagal di Chelsea, ia juga datang dari negara Mesir yang dianggap kurang dipercaya.

Namun begitu, Salah mampu membuktikan bahwa dirinya layak untuk mengenakan seragam The Reds. Bahkan, apa yang diperbuatnya melampaui ekspektasi banyak orang. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%