Bola Internasional

Nyoman Paul Fernando Aro, Wonderkid Asal Bali yang Berkarier di Swedia

Jumat, 26 Juni 2020 18:25 WIB
Penulis: Subhan Wirawan, Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Hampir seluruh pecinta sepak bola Indonesia pasti masih asing mendengar nama wonderkid klub Swedia, Skovde AIK U-19, yakni Nyoman Paul Fernando Aro.

Pemain andalan klub Swedia, Skovde AIK U-19, yang berposisi fullback ini ternyata memiliki darah Bali dan lahir pada 23 Januari 2001. Redaksi INDOSPORT baru saja mewawancarai Nyoman Paul Fernando Aro mengenai awal mulanya bisa berkarier di Swedia.

Pemain berpostur 1,76 meter itu menjelaskan kalau dirinya memilih tinggal di Swedia sejak 2016. Saat itu, Nyoman Paul yang hobi sepak bola sejak kecil sangat prihatin dengan fasilitas olahraga di Indonesia.

Karena di Bali tidak ada sekolah sepak bola yang bisa menunjang kariernya menjadi pemain profesional, ia memutuskan terbang ke Swedia mengikuti sang ayah.

"Kalau Paul, mukanya aja setengah bule, tapi lahir dan gede di Bali, Indonesia. Ke sini (Swedia) pada 2016," kata Nyoman Paul secara eksklusif kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

"Memang murni dari dalam hati ingin menjalani hobby dan melihat hasilnya. Karena di Bali waktu itu sarana lapangan bola dan klub hampir tidak ada. Lebih banyak futsal. Bersyukur ayah dari Swedia jadi ambil kesempatan menuntut ilmu bola di sini," ucapnya menambahkan.

Dikarenakan dalam dirinya mengalir darah Garuda, Nyoman Paul Fernando Aro berharap bisa dilirik oleh PSSI dan dipanggil untuk ikut pemusatan latihan timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Nyoman Paul Fernando Aro cukup kecewa ketika namanya  tidak tercantum dalam daftar 44 pemain yang dipanggil untuk ikut latihan timnas Indonesia U-19 secara virtual.