Liga Inggris

Bantu Liverpool Juara, Chelsea Dijamin The Next Champions Liga Inggris?

Sabtu, 27 Juni 2020 12:36 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Adrian Dennis/Pool via Getty Images
Akankah Chelsea menjadi kampiun Liga Inggris musim 2020/21 usai membantu Liverpool menjadi juara layaknya tim-tim yang pernah dibantu The Blues sebelumnya? Copyright: © Adrian Dennis/Pool via Getty Images
Akankah Chelsea menjadi kampiun Liga Inggris musim 2020/21 usai membantu Liverpool menjadi juara layaknya tim-tim yang pernah dibantu The Blues sebelumnya?

INDOSPORT.COM – Keberhasilan Liverpool menjuarai Liga Inggris 2019/20 tak lepas dari pengaruh Chelsea yang berhasil menumbangkan Manchester City pada pekan ke-31.

Liverpool dipastikan mengangkat gelar lebih cepat usai Chelsea membungkam Man City 2-1. Dua gol dari Christian Pulisic dan Willian cukup untuk membuat skuat The Reds berposta pora merayakan gelar juara.

Pada laga Chelsea vs Man City, nampak para penggawa Liverpool turut menonton pertandingan. Meski terhitung rival, namun para pemain The Reds nampak ikut berselebrasi saat The Blues berhasil mencetak gol.

Kemenangan Chelsea tersebut banyak membuat pihak beranggapan bahwa The Blues merupakan tim spesialis penentu juara. Setidaknya dalam satu dekade terakhir, ada dua pertandingan di mana klub asal London Barat ini menjadi penentu juara tim lainnya sebelum menentukan gelar juara untuk Liverpool.

Uniknya, setiap kali Chelsea menentukan gelar juara rivalnya di Liga Inggris, maka di musim selanjutnya The Blues akan menjadi kampiun Liga Inggris. Kebetulan atau tidak, itulah fakta yang tersaji dalam satu dekade terakhir ini.

1. Liverpool vs Chelsea (0-2): Membantu Manchester City Juara Liga Inggris 2013/14

Pada musim 2013/14, pertarungan juara Liga Inggris disuguhkan oleh dua tim saja. Yakni Manchester City dan Liverpool. Kedua tim berebut puncak klasemen hingga dua pekan terakhir Liga Inggris.

Liverpool yang berada di atas angin harus menjamu Chelsea yang saat itu duduk di tempat ketiga.Kemenangan atas The Blues akan membuat The Reds mengungguli Man City dan menjuarai liga.

Sayangnya, Steven Gerrard harus terpeleset di tengah pertandingan sekaligus membantu Chelsea mencetak gol dan menang di laga tersebut dengan skor 2-0. Alhasil Liverpool harus merelakan gelar juara yang sudah ada di depan mata kepada Manchester City.

2. Chelsea vs Tottenham Hotspur (2-2):  Membantu Leicester City Juara Liga Inggris 2015/16

Liga Inggris 2015/16 mungkin menjadi musim yang takkan dilupakan para pecinta sepak bola. Pasalnya pada musim tersebut, Leicester City berhasil menjadi kampiun. Lagi-lagi Chelsea pun berjasa atas gelar yang diraih The Foxes.

Leicester berhasil menjadi juara usai Chelsea menahan imbang Tottenham Hostpur dalam duel bertajuk ‘Battle of the Bridge’ pada 2 Mei 2016. Pada laga tersebut, Spurs harus menang demi menekan The Foxes di puncak klasemen.

Sempat unggul 2-0, Spurs malah harus kecolongan dua gol dari Chelsea di babak kedua. Adalah Gary Cahill dan Eden Hazard yang menjadi pahlawan bagi penggawa Leicester City yang saat itu menonton pertandingan tersebut. Hasil seri ini mempermudah jalan The Foxes menjadi kampiun Liga Inggris.

Sebagai informasi tambahan, laga bertajuk ‘Battle of the Bridge’ ini diwarnai duel-duel keras yang berujung keluarnya 13 kartu kuning di mana sembilan di antaranya didapatkan pemain Spurs. Tak pelak laga ini dicap sebagai laga paling memalukan yang pernah dipimpin wasit karena panasnya tensi pertandingan.