Liga Inggris

Beberapa Sejarah Dunia Saat Liverpool Terakhir Kali Juara Liga Inggris, Bakal Terulang Lagi?

Sabtu, 27 Juni 2020 18:35 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Rafif Rahedian
© Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images
Beberapa Sejarah Dunia Saat Liverpool Terakhir Kali Juara Liga Inggris Copyright: © Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images
Beberapa Sejarah Dunia Saat Liverpool Terakhir Kali Juara Liga Inggris

INDOSPORT.COM - Berikut beberapa sejarah dunia yang terjadi saat Liverpool terakhir kali menjuarai Liga Inggris tahun 1990 silam, akankah terulang kembali kali ini?

Liverpool sendiri telah memastikan diri sebagai juara Liga Inggris musim 2019/20 sejak Jumat (26/06/20) silam, bahkan tanpa harus mengeluarkan keringat sedikit pun. 

Pasalnya, kekalahan tips 1-2 yang menimpa rival terdekat mereka, Manchester City saat menghadapi Chelsea Jumat lalu sudah cukup untuk menuntaskan dahaga gelar liga The Reds yang sempat berjalan selama 30 tahun. 

Atas hasil pertandingan Chelsea vs Manchester City itu, Liverpool kini mengemas 86 poin hingga pekan ke-31 Liga Inggris. Mereka berjarak 23 angka dari The Citizens, sehingga secara matematis tak akan bisa dikejar.

Beberapa rekor bahkan ditorehkan Liverpool usai menjadi juara Liga Inggris musim ini, salah satunya sebagai tim dengan pertandingan tersedikit untuk menyegel gelar. 

Tercatat, Liverpool cuma membutuhkan 31 pertandingan buat mengamankan gelar. Dengan masih menyisakan tujuh pekan, catatan itu merupakan tersedikit sepanjang sejarah kompetisi. Mengalahkan Manchester United pada 2000/01 yang juara dengan menyisakan lima pertandingan.

Mari mengingat kembali kala Liverpool menjuarai kompetisi tertinggi liga Ratu Elizabeth tahun 1990 silam. Saat itu, The Reds memastikan gelar juara usai mengalahkan Queens Park Rangers 2-1 pada pertandingan pekan ke-37 di Anfield. 

Klub yang dihuni sejumlah bintang mulai dari Ian Rush hingga Steve McMahon ini, berhasil menjadi juara setelah bersaing ketat dengan Aston Villa dengan selisih sembilan poin di papan akhir klasemen.

Menariknya, sejumlah sejarah dunia pun lahir di tahun tersebut dan sedikit mengubah wajah berbagai unsur mulai dari politik, budaya hingga ekonomi beberapa negara.

Lantas apa sajakah peristiwa menarik dan sejarah dunia yang terjadi tersebut? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulasnya.

Larangan Merokok di Maskapai Penerbangan Amerika 
Pada tanggal 1 Februari 1990 silam, sebuah kebijakan inovasi diterapkan perusahaan penerbangan Amerika Serikat, yang nantinya kebijakan tersebut bakal menjadi standar bagi perusahaan aviasi seluruh dunia.

Jauh sebelum era modern, maskapai penerbangan sempat memperbolehkan para penumpang mereka merokok di kabin bahkan saat pesawat sedang mengudara.

Namun dengan banyaknya desakan dari para pramugari yang mengeluh mata perih dan tenggorokan terasa terbakar akibat asap rokok, bahkan tersundut puntung rokok dan beresiko kanker paru-paru, gerakan melawan industri tembakau untuk melarang merokok dalam penerbangan pun bermunculan.

Hingga akhirnya disahkan peraturan tentang anti asap rokok dalam kabin pesawat yang berlaku sampai sekarang. Meski beberapa maskapai internasional ada yang memperbolehkan penumpangnya merokok untuk kelas-kelas tertentu. 

Pembebasan Nelson Mandela dari Penjara
Tahun 1990 juga menjadi sejarah penting dalam dunia internasional, tepatnya saat tokoh anti rasisme Afrika Selatan, Nelson Mandela dilepaskan dari Penjara Victor Verster setelah ditahan selama 27 tahun.

Nelson Mandela sendiri merupakan sosok penting bagi Afrika Selatan, yang menyarankan perlawanan tanpa kekerasan terhadap sistem apartheid yang memisahkan antara warga kulit putih dan kulit hitam.

Setelah bebas, Mandela memimpin Kongres Nasional Afrika untuk melakukan negosiasi dengan pemerintah minoritas kulit putih untuk mendirikan sebuah pemerintahan multiras.

Tiga tahun berselang, Nelson Mandela mendapat Penghargaan Nobel Perdamaian dan menjadi presiden kulit hitam pertama dalam sejarah Afrika Selatan melalui pemilu bebas.