Liga Italia

Kisah Manis Juventus, Ronaldo dan Penalti yang Selalu Jadi Sorotan Negatif

Sabtu, 27 Juni 2020 10:36 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Mattia Ozbot/Soccrates/Getty Images
Cristiano Ronaldo mencetak gol lewat penalti di laga Juventus vs Lecce Copyright: © Mattia Ozbot/Soccrates/Getty Images
Cristiano Ronaldo mencetak gol lewat penalti di laga Juventus vs Lecce

INDOSPORT.COM – Kemenangan Juventus atas Lecce di pekan ke-28 Serie A Liga Italia 2019/20, kembali diwarnai kisah manis penalti Cristiano Ronaldo yang kerap jadi sorotan negatif.

Juventus untuk sementara waktu berhasil melebarkan jarak menjadi tujuh poin dengan pesaing terdekatnya Lazio dalam perburuan puncak klasemen Serie A Liga Italia 2019/20.

Jarak tersebut tercipta setelah di pekan ke-28, Juventus sukses membenamkan tamunya, Lecce, dengan empat gol tanpa balas.

Tercipta salah satunya berkat penalti dari mega bintang mereka, Cristiano Ronaldo, kemenangan Juventus atas Lecce itupun kembali menjadi sorotan. Yakni sorotan yang umumnya merupakan sentiment negatif, menganggap Juventus sebagai klub yang selalu diuntungkan oleh hadiah penalti. Dan juga sentiment negatif melabeli Ronaldo dengan sebutan Penaldo.

Lantas pertanyaannya, apa benar sentiment negatif tersebut, bahwa Juventus adalah klub Serie A Liga Italia yang paling sering diuntungkan lewat penalti. Dan seberapa besar pengaruh penalti dalam jumlah torehan gol Ronaldo hingga dirinya sampai dijuluki Penaldo.

Berikut INDOSPORT mengulasnya.

Juventus Bukan Kub Paling Sering dapat Pnelati di Serie A Liga Italia

Jika melihat sorotan yang datang pada Juventus akibat satu gol penalti Cristiano Ronaldo di menit ke-62 ke gawang Lecce, sebenarnya menjadi hal yang sangat wajar.

Sebab dengan tambahan satu penalti itu, Juventus kini menjadi berarti selalu mendapatkan hadiah penalti dari dua atau semua pertandingan Serie A Liga Italia 2019/20 yang dijalaninya pasca jeda pandemi virus corona.

Sebelumnya, Juventus juga mendapatkan penalti saat melawan Bologna (23/06/20), yang juga kemudian dikonversi menjadi gol oleh Cristiano Ronaldo.

Jika hanya melihat pasca kompetisi kembali digulirkan bulan Juni ini, jumlah dua penalti itu memang menjadi sangat banyak. Namun jika melihat secara keseluruhan sepanjang musim ini, hadiah penalti yang diberikan kepada Juventus oleh wasit, masih kalah banyak dari beberapa klub lainnya di Serie A Liga Italia 2019/20.

Bahkan dalam urutan klub yang paling sering mendapatkan hadiah penalti. Juventus hanya ada di urutan keempat. Tertinggal jauh dari Lazio sebagai klub yang paling sering dapat penalti dengan 14 kali, Genoa dengan 11 kali, bahkan dari lawannya dinihari tadi, Lecce yang sudah 10 kali mendapatkan penalti. Jumlah yang sama juga didapatkan Juventus sejauh ini di Serie A Liga Italia 2019/20.

Satu yang mungkin membedakan Juventus dari tiga lainnya di daftar teratas klub yang paling mendapatkan penalti di Serie A Liga Italia 2019/20, dari 10 penalti yang didapatkannya, mereka selalu bisa mengubahnya menjadi sebuh gol.

Persentase kesuksesan 100 persen itu. Mengungguli Lazio yang hanya 11 kali memasukan dari 14 penalti (78,6 persen), Genoa yang hanya memasukan delapan dari 11 penalti (72,7 persen), dan juga Lecce yang hanya memasukan delapan dari 10 penaltinya (80 persen).