Liga Indonesia

Robert Alberts Tanggapi Wacana Regulasi Pemain U-20 di Liga 1 2020

Sabtu, 27 Juni 2020 14:56 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts (kiri), menyebut regulasi agar klub memainkan pemain U-20 pada lanjutan Liga 1 2020 kurang tepat. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts (kiri), menyebut regulasi agar klub memainkan pemain U-20 pada lanjutan Liga 1 2020 kurang tepat.

INDOSPORT.COM - Pelatih tim sepak bola Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memberikan tanggapan terkait wacana regulasi agar klub memainkan pemain U-20 pada lanjutan kompetisi Liga 1 2020

Menurut pelatih asal Belanda ini, penerapan regulasi tersebut tidak tepat, Karena tidak semua pemain secara fisik dan mental sudah siap untuk berlaga di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia. 

Selain itu, jika dipaksakan pemain yang belum siap untuk bermain di kompetisi yang persaingannya ketat, dikhawatirkan akan membuat potensinya tidak berkembang. 

"Beberapa tahun lalu ada regulasi yang mewajibkan setiap tim menurunkan pemain U-23. Dan semua tahu bahwa peraturan itu tidak bekerja dengan baik, karena kami tidak bisa memaksakan pemain yang belum siap untuk tampil," kata Robert Alberts. 

Mantan pelatih PSM Makassar ini menambahkan, jika pemain tersebut memiliki kualitas dan mental serta fisik siap bertanding di kompetisi level senior, maka yang bersangkutan pasti bakal mendapat menit bermain, seperti yang dialami oleh Beckam Putra Nugraha

"Jika pemain tersebut sudah cukup siap, maka otomatis dia akan bermain. Contohnya Beckham, dia sudah mulai bermain dengan tim senior dari musim lalu dan kami akan melanjutkan itu karena dia mempunyai kualitas," ucapnya. 

Robert Alberts menuturkan, sangat mendukung pengembangan potensi pemain muda yang ada di Indonesia, sehingga saat ini di tim Persib ada beberapa pemain muda jebolan Diklat Persib, termasuk Beckham yang sering dipanggil memperkuat Timnas Indonesia.  

Beckham sendiri menurut Robert Alberts, meski sudah siap untuk bermain di level senior, masih butuh waktu untuk bisa tampil selama 90 menit. 

"Tapi dia mungkin belum siap untuk bermain 90 menit di setiap laga di liga, karena melihat kebutuhannya. Tetapi perkembangan talenta Beckham adalah prioritas karena kualitasnya," jelas Robert Alberts.

Sebagai informasi, wacana mengenai regulasi U-20 di Liga 1 2020 diusulkan untuk membantu pelatih Timnas Indonesia U-19 menemukan pemain terbaik. Karena, Indonesia dalam waktu dekat akan berpartisipasi dan menjadi tuan rumah pada Piala Dunia U-20 2021

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%