Liga Inggris

5 Pemain 'Benalu' yang Wajib Dibuang Chelsea Pada Musim Panas 2020

Minggu, 28 Juni 2020 14:21 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Berikut 5 pemain yang wajib dibuang Chelsea pada bursa transfer musim panas 2020 mendatang. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Berikut 5 pemain yang wajib dibuang Chelsea pada bursa transfer musim panas 2020 mendatang.

INDOSPORT.COM – Sejak kedatangan Roman Abramovich di musim 2003/04, Chelsea kerap mendatangkan banyak pemain-pemain dengan mahar besar. Namun bukan berarti pemain tersebut serta merta langsung menuai sukses.

Mendatangkan pemain dengan mahar besar bukanlah sebuah jaminan bahwa pemain tersebut bisa memenuhi ekspektasi harga yang ia miliki. Chelsea yang kerap jor-joran belanja pemain pun kerap menuai hasil buruk dari kebijakan transfernya.

Banyak pemain berlabel mahal diboyong Chelsea namun gagal nyetel dan berkembang di Stamford Bridge. Alhasil pemain ini lebih banyak dijual kembali dengan harga murah, atau dilepas dengan status pinjaman di mana gaji mereka masih dipenuhi oleh The Blues.

Dalam satu dekade terakhir ini, hanya di musim 2014/15 Chelsea benar-benar menjalankan kebijakan transfer dengan baik. Pemain seperti Diego Costa dan Cesc Fabregas didatangkan dengan harga mahal. Namun harga tersebut sepadang dengan penampilan mereka.

Lalu berlanjut di musim 2016/17. Chelsea melakukan kebijakan transfer apik dengan mendatangkan N’Golo Kante. Tercatat, sejak musim tersebut hingga saat ini, hanya pria asal Prancis ini saja yang memang memenuh ekspektasi The Blues.

Selebihnya, pemain dengan harga yang hampir sama atau melebihi Diego Costa dan Kante malah gagal berkembang dan nyetel yang pada akhirnya menjadi benalu di tim sekelas Chelsea.

Di bawah arahan Frank Lampard, musim ini Chelsea pun berniat melego pemain-pemain yang dianggap benalu dan hanya membuat The Blues buang-buang uang semata.

Berikut lima pemain yang wajib dilego Chelsea pada musim panas 2020 ini.

1. Danny Drinkwater

Entah apa yang ada di pikiran petinggi Chelsea kala mendatangkan sosok Danny Drinkwater pada detik-detik penutupan bursa transfer 2017/18. Ia didatangkan dari Leicester City dengan mahar lebih mahal dari N’Golo Kante, yakni 37 juta euro (Rp595 miliar).

Kendati lebih mahal dari Kante, pemain satu ini malah gagal nyetel dan harus banyak dipinjamkan ke berbagai klub. Untuk musim 2019/20 aja, sudah dua tim yang meminjamnya. Dengan alasan tersebut, Chelsea harus melepasnya pada musim panas ini.

2. Michy Batshuayi

Pada musim 2016/17, Chelsea melakukan gebrakan dengan memboyong pemain muda dari Olympique Marseille bernama Michy Batshuayi dengan harga 33 juta poundsterling (Rp584 miliar).

Ia diharapkan bisa menjadi penyerang masa depan Chelsea. Sayangnya, ia gagal nyetel bersama The Blues dan lebih banyak dipinjamkan kendati memiliki harga yang lebih mahal dari Diego Costa (32 juta poundsterling).

Dengan kedatangan Timo Werner, mau tidak mau Chelsea harus melepas Batshuayi pada musim panas ini demi mengurangi pengeluaran gaji dan juga memberi ruang di dalam skuat.