Bola Internasional

Batal Pensiun, Arjen Robben Ungkap Misinya Gabung Klub Masa Kecil

Minggu, 28 Juni 2020 14:48 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© TF-Images/GettyImages
Eks pemain Bayern Munchen, Arjen Robben, buka suara soal misinya bergabung dengan klub masa kecilnya, FC Groningen. Copyright: © TF-Images/GettyImages
Eks pemain Bayern Munchen, Arjen Robben, buka suara soal misinya bergabung dengan klub masa kecilnya, FC Groningen.

INDOSPORT.COM – Mantan bintang Chelsea dan Bayern Munchen, Arjen Robben, mengakui bahwa keputusannya bermain lagi untuk klub masa kecilnya, FC Groningen, untuk membantu tim bangkit dari situasi krisis.

Arjen Robben sebenarnya sudah memutuskan gantung sepatu pada 4 Juli 2019 lalu di Bayern Munchen. Namun ia rela turun gunung dari masa pensiunnya demi gabung FC Groningen, klub asal Belanda.

Seperti diketahui, FC Groningen memang bukan klub yang asing lagi bagi karier Robben. Semasa masih meniti karier, ia memang menimba ilmu sepak bola bersama klub tersebut sekitar periode 1999-2002, sebelum beralih ke PSV Eindhoven.

Mengenai keputusannya tersebut, pria 36 tahun itu menyapa penggemarnya di Twitter dan menjelaskan mengapa dia tertarik membela Groningen lagi meski sudah gantung sepatu.

“Saya berusia 12 tahun saat saya mulai di akademi muda FC Groningen. Saya debut di kandang sendiri melawan Feyenoord saat saya berusia 16 tahun. Setelah dua tahun saya pindah ke PSV Eindhoven,” jelas Robben.

“Setelah berpetualang dalam karier yang luar biasa selama 18 tahun, saya kembali. Saya kembali dalam masa krisis yang sulit ini, yang juga dialami FC Groningen,” lanjut Robben.

“Sangat menyenangkan melihat bagaimana semua orang mendukung klub, saya juga mendukung klub. Ini membuat saya berpikir apa lagi yang bisa saya lakukan untuk klub kami.”

Terkait kembalinya Arjen Robben, mantan penggawa Timnas Belanda itu juga telah meakukan pertemuan dengan sejumlah staf klub untuk menjelaskan idenya serta mendengarkan suara hati para pendukung Groningen.

“Kembalinya saya sebagai pemain FC Groningen, saya mulai bermain dengan ide ini dan sekarang ini jadi misi saya! Saya ingin kembali sebagai pemain sepak bola, pemain FC Groningen," terangnya.

Usai resmi diperkenalkan sebagai pemain baru oleh Groningen, Minggu (28/06/20), Robben pun mulai mempersiapkan diri untuk tampil musim depan. Tentu saja tantangan terbesar yang dia hadapi adalah mengembalikan kondisi fisiknya agar lebih prima.

Adapun, Arjen Robben disambut FC Groningen dengan nomor punggung spesial. Eks Bayern Munchen ini diberi nomor punggung 10, yang umumnya dikenakan oleh pemain paling penting di klub.

Mantan kapten Timnas Belanda tersebut pernah bermain untuk Chelsea, PSV Eindhoven, dan Real Madrid, dalam selang waktu itu ia telah memenangkan 12 gelar liga.

Di tingkat internasional, Robben telah mencatatkan 96 penampilan untuk negaranya termasuk bermain di final Piala Dunia 2010 di Johannesburg.