Bursa Transfer

Dikenal Boros, 5 Klub Ini Ternyata Untung Banyak dari Penjualan Pemain

Minggu, 28 Juni 2020 16:59 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Visionhaus/Corbis via Getty Images
2 Pemain Manchester City dan Paris Saint-Germain, Fernando dan Edinson Cavani Copyright: © Visionhaus/Corbis via Getty Images
2 Pemain Manchester City dan Paris Saint-Germain, Fernando dan Edinson Cavani

INDOSPORT.COM – Bursa transfer pemain selalu menyajikan kisah menarik. Sejumlah klub berikut ini dikenal sangat boros soal belanja pemain, namun mereka juga untung banyak dari penjualan pemain.

Selain gelar juara di lapangan, kesuksesan sebuah klub sepak bola juga diukur dari kegiatan opeprasional bisnisnya di bursa transfer pemain.

Terkadang klub mendapatkan keuntungan dari menjual pemain, namun ada juga yang mengalami kerugian. Terkadang pula, beberapa klub tidak mementingkan keuntungan dalam penjualan pemain.

Nah, INDOSPORT kali ini merangkum lima klub yang dikenal jor-joran saat membeli pemain, namun di saat yang sama untung banyak saat menjual pemain.

1. Manchester City

© Martin Rickett/Pool via Getty Images
Phil Foden dan Sergio Aguero selebrasi di laga Liga Inggris antara Manchester City vs Burnley. Copyright: Martin Rickett/Pool via Getty ImagesPhil Foden dan Sergio Aguero selebrasi di laga Liga Inggris antara Manchester City vs Burnley.

Sudah bukan rahasia lagi, Manchester City menjadi salah satu klub Liga Inggris yang kerap disoroti perihal catatan keuangan mereka. selain Selain disokong berbagai sponsor kaya raya, klub Etihad Stadium ini jarang mengalami kesulitan memperoleh dana dari penjualan pemain.

Man City memperoleh 137,35 juta poundsterling dari penjualan 13 pemain dengan nilai transfer yang dirilis dalam dua musim terakhir (2018 hingga 2020). Dari penjualan itu, hampir tidak ada pemain yang dibanderol di atas 50 juta poundsterling.

2. Paris Saint-Germain

© Catherine Steenkeste/Getty Images
Striker Inter Milan yang dipinjamkan ke Paris Saint-Germain (PSG) Mauro Icardi. Copyright: Catherine Steenkeste/Getty ImagesStriker Paris Saint-Germain (PSG) Mauro Icardi.

Paris Saint-Germain dikenal sebagai salah satu klub kaya raya di Eropa berkat kondisi finansialnya sepanjang satu dekade menguasai Ligue 1 Prancis.

PSG memperoleh 216 juta euro dari penjualan 15 pemain selama dua musim terakhir antara 2018 dan 2020. Dari seluruh pemain itu, tidak ada pemain yang dibanderol di atas 50 juta euro.

3. Juventus

© Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Matthijs de Ligt berselebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol di laga Juventus vs Lecce Copyright: Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty ImagesMatthijs de Ligt berselebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol di laga Juventus vs Lecce

Kesuksesan meraih delapan gelar juara Seria A Italia secara beruntun bukan hanya karena performa skuat yang apik di lapangan, namun juga kinerja manajemen yang efektif. Diketahui, Juventus mengutamakan peningkatkan nilai pemain sebelum djual dengan harga tinggi namun tidak merusak pasar.

Tercatat, Si Nyonya Tua mengantongi 177,5 juta euro dari penjualan lima pemain selama dua musim 2018 hingga 2020. Diantara kelima pemain itu, hanya Joao Cancelo yang dijual di atas 50 juta euro, yakni sekitar 65 juta poundsterling. Transfer itu pun jadi bagian pertukaran Danilo dengan Manchester City.