Bola Internasional

Gornik Zabrze, Sang Raksasa Tidur Polandia Peminat Egy Maulana Vikri

Senin, 29 Juni 2020 18:03 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© lechia.pl
Mengenal Gornik Zabrze, Sang Raksasa Tidur Polandia Peminat Egy Maulana Vikri Copyright: © lechia.pl
Mengenal Gornik Zabrze, Sang Raksasa Tidur Polandia Peminat Egy Maulana Vikri

INDOSPORT.COM - Mengenal Gornik Zabrze, sang raksasa tidur asal Polandia yang menjadi salah satu tim peminat Egy Maulana Vikri musim depan.

Kabar kepindahan Egy Maulana Vikri dari Lechia Gdansk sendiri memang tengah kencang berembus belakangan ini. Disebutkan, bahwa jebolan Timnas U-19 tersebut bakal dilepas Lechia akhir musim nanti.

Bahkan salah satu media asing, Jezioro Sportu melalui media sosialnya @jeziorosportu, juga ikut memberitakan kabar kepindahan Egy Maulana Vikri dari Lechia Gdansk.

"Wakil dari Indonesia, Egy Maulana Vikri bakal berganti klub. Lechia Gdansk mungkin tak lagi memakai jasanya dan akan menjualnya pada musim panas seharga 300 ribu euro (Rp4,6 miliar)," tulis akun tersebut pada Sabtu (27/06/20).

Dalam postingan selanjutnya, Jezioro Sportu juga menjelaskan kalau ada tiga klub asal Eropa yang berminat akan kemampuan Egy Maulana Vikri pada musim 2020-21. 

"Gornik Zabrze, Warta Poznan, dan Slovan Bratislava dikabarkan berminat pada sang pemain," jelas Jezioro Sportu.

Dari ketiga klub yang dikabarkan berminat mendatangkan Egy Maulana Vikri musim depan, nama Gornik Zabrze menjadi salah satu tim yang cukup menarik perhatian.

Selain sama-sama kontestan dari Liga Polandia, tim yang bermarkas di Ernest Pohl Stadium ini juga mempunyai sejarah mentereng baik di kompetisi lokal maupun kancah Eropa.

Lantas seperti apa profil Gornik Zabrze serta pencapaian yang sempat diperoleh sepanjang sejarah berdirinya klub? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulasnya.

Profil Gornik Zabrze
Gornik Zabrze merupakan salah satu klub yang cukup disegani di Polandia, terutama pada era 50 hingga awal 90-an. Berdiri sejak tahun 1948 silam, tim berjuluk The Miners ini pernah menjadi ikon sepak bola di negara Polandia.

Klub ini terbentuk dari gabungan beberapa asosiasi olahraga kecil di kota Zebre seperti KS Zjednoczenie, KS Pogoń, KS Skra, dan KS Concordia yang ada di wilayah itu.

Setelah bergabung menjadi satu organisasi, diputuskanlah untuk menggunakan nama Górni yang berasal dari bahasa Polandia yang bermakna tambang.

Nama yang mencerminkan fakta bahwa Zabrze adalah pusat penambangan batu bara penting di Polandia serta Eropa.

Setelah tujuh tahun berdiri, pada tahun 1955 klub Gornik Zabrze akhirnya promosi ke kasta teratas Liga Polandia. Dalam pertandingan pertama, Gornik Zabrze sukses mengalahkan rival lokal mereka Ruch Chorzów dengan skor telak 3-1.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
50%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%