Liga Inggris

Statistik Paling Mengilap, Sadio Mane Terdepan Jadi Pemain Terbaik Liga Inggris

Rabu, 1 Juli 2020 10:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Phil Noble/Pool via Getty Images
Berkat kontribusinya ke Liverpool sepanjang musim 2019/20, Sadio Mane menjadi yang terdepan untuk meraih gelar individu pemain terbaik Liga Inggris. Copyright: © Phil Noble/Pool via Getty Images
Berkat kontribusinya ke Liverpool sepanjang musim 2019/20, Sadio Mane menjadi yang terdepan untuk meraih gelar individu pemain terbaik Liga Inggris.

INDOSPORT.COM – Penyerang milik Liverpool, Sadio Mane, berpotensi menjadi pemain terbaik Liga Inggris musim 2019/2020 setelah menunjukkan kemampuan terbaiknya dan menjadi tulang punggung dalam sistem penyerangan anak asuh Jurgen Klopp.

Gelaran Liga Inggris 2019/20 akan segera berakhir. Setidaknya tersisa enam hingga tujuh pertandingan sebelum setiap kontestan memasuki masa libur kompetisi dan mempersiapkan diri menjalani musim 2020/21.

Seperti biasanya, menjelang berakhirnya Liga Inggris, penyelenggara akan menggelar sebuah acara berupa penghargaan pemain terbaik. Penghargaan ini untuk mengapresiasi kinerja sang pemain sepanjang musim 2019/20.

Musim lalu, Virgil van Dijk berhasil mengunci gelar pemain terbaik berkat penampilannya di lini pertahanan Liverpool. Kini rekan setimnya, Sadio Mane, yang berpeluang besar memenangkan gelar individu tersebut.

Bukan tanpa alasan mengapa Mane bisa menjadi pemain terbaik Liga Inggris 2019/20. Hal ini lantaran statistik yang ia miliki pada musim ini sehingga membawa Liverpool menjadi kampiun.

Dilansir dari Sky Sports, sepanjang musim ini Mane telah mencetak 15 gol bagi Liverpool di Liga Inggris. Torehan ini sejatinya masih kalah dibanding Jamie Vardy atau bahkan rekan setimnya, Mohamed Salah.

Namun tiap gol yang dicetak Mane memberikan poin penting bagi Liverpool. Tercatat, pria asal Senegal ini memberi 18 poin berkat gol-gol yang ia lesakkan. Ini menjadi poin tertinggi yang diberikan pemain lewat golnya sepanjang Liga Inggris 2019/20.

Poin tim yang didapatkan dari gol yakni sebuah sistem poin bagaimana seorang pemain mampu mencetak gol krusial bagi timnya atau menyelamatkan muka timnya dari kekalahan. Jika menyebut pahlawan Liverpool musim ini hingga menjadi kampiun, tentu Mane adalah orangnya.

Selain itu, Mane berkontribusi setidaknya 31 persen dari gol yang telah dicetak Liverpool di Liga Inggris 2019/20. Catatan ini berasal dari 15 gol yang dicetaknya dan tujuh assists yang merupakan catatan assists terbaiknya bersama The Reds.

Dengan alasan tersebut,  bukan tidak mungkin Sadio Mane pantas dianugerahi gelar pemain terbaik Liga Inggris 2019/20 dan bersaing ketat dengan Kevin De Bruyne yang memang disebut-sebut sebagai pemain terbaik musim ini.