Bola Internasional

6 Bintang yang Jadi Bukti FC Groningen adalah 'Pabrik' Pemain Top Eropa

Kamis, 2 Juli 2020 16:45 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Berikut tersaji enam pemain ternama yang menjadi bukti nyata bahwa klub Belanda, FC Groningen, adalah 'pabrik' yang mampu menciptakan bintang top Eropa. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Berikut tersaji enam pemain ternama yang menjadi bukti nyata bahwa klub Belanda, FC Groningen, adalah 'pabrik' yang mampu menciptakan bintang top Eropa.

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji enam pemain sepak bola ternama yang menjadi bukti nyata bahwa klub asal Belanda, FC Groningen, adalah 'pabrik' yang mampu menciptakan para bintang top Eropa.

FC Groningen adalah klub medioker yang berlaga di Eredivisie Belanda. Memiliki julukan Trots van het Noorden atau Kebanggaan Wilayah Utara, Groningen memiliki performa yang cukup stabil di liga Belanda tersebut.

Musim lalu (2018/19), mereka mampu finis di peringkat delapan. Di musim ini, Groningen juga berhasil mapan di peringkat sembilan. Sayang, Eredivisie harus dihentikan karena situasi yang tidak memungkinkan akibat pandemi corona.

Berbeda dengan klub top Belanda seperti Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven, atau Feyenoord, Groningen sepintas tidak memiliki sesuatu yang istimewa. Mereka belum pernah menjuarai Eredivisie, Liga Europa, apalagi Liga Champions.

Akan tetapi, klub yang sekarang dilatih oleh Danny Buijis itu ternyata memiliki kelebihan yang tak banyak orang tahu. Diam-diam, Groningen adalah pabrik yang telah berjasa menelurkan pemain-pemain top Eropa.

Melansir dari laman portal berita olahraga Squawka, setidaknya ada enam pemain tenar yang dikenal dunia dan sukses membela tim-tim besar setelah meninggalkan Groningen di masa lalu.

1. Virgil van Dijk (Liverpool)

Siapa sangka, salah satu bek tengah terbaik dunia yang saat ini bersama Liverpool, Virgil van Dijk, pernah membela Groningen. Ia mengawali karir sepak bola juniornya bersama Willem II pada 2009-2010 dan pindah ke Groningen pada 2010-2011. Setelah itu, ia masuk ke tim senior Groningen pada 2011-2013.

Ia mulai menunjukkan bakat dan meraih banyak gelar sejak 2013 yang lalu dan penampilannya semakin memukau setelah bergabung ke klub Liga Inggris, Liverpool sejak 2018. Sayang, ia belum pernah menyumbang gelar juara apapun bersama Groningen kala itu.

2. Arjen Robben (Groningen)

Sangat menarik jika kita membicarakan mantan pemain sayap Bayern Munchen, Arjen Robben, dalam pembahasan ini. Karena, ia memilih Groningen sebagai tujuannya usai meninggalkan raksasa Bundesliga Jerman itu. Keputusan tersebut tidak mengherankan. Karena, Groningen merupakan klub masa lalunya.

Arjen Robben mengawali karir sepak bola junior bersama vv Bedum pada 1989-1996. Setelah itu, baru ia pindah ke Groningen pada 1996-2000. Mulai 2000, Robben diijinkan untuk membela tim senior dari klub Eredivisie tersebut sampai 2002. Akhirnya, ia pindah ke PSV Eindhoven.