Liga Indonesia

Pemain, Pelatih dan Offical Tim Persib Jalani Swab Tes

Jumat, 3 Juli 2020 19:10 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Lanjar Wiratri
© Arif Rahman/INDOSPORT
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat memantau tim Persib Bandung yang menjalani swab tes di Graha Persib. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat memantau tim Persib Bandung yang menjalani swab tes di Graha Persib.

INDOSPORT.COM - Sebanyak 46 orang yang terdiri dari pemain, staf pelatih, dan official tim Persib Bandung menjalani swab test di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (03/07/20). 

Tes tersebut sengaja dilakukan, untuk memastikan tidak ada yang terpapar virus corona atau covid-19 di tim Persib. Pasalnya, pada Senin (06/07/2020), skuat Maung Bandung rencanannya akan kembali menggelar latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung. 

Menurut Dokter tim Persib, Rafi Ghani, tes tersebut mendapat dukungan dari pemerintah Jawa Barat. Sehingga, dalam kesempatan tersebut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, turut hadir memantau pemeriksaan kesehatan skuat Maung Bandung. 

"Syukur Alhamdulillah kita hari ini dapat support penuh dari laboratorium kesehatan daerah Provinsi Jawa Barat dari gugus tugas dalam hal pemberantasan covid-19, dalam rangka memulai latihan menjelang liga yang akan bergulir kembali," kata Rafi di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (03/07/20). 

"Karena di tengah pandemi virus corona sehingga banyak protokol kesehatan yang harus dijalani. Alhamdulillah hari ini, semua yang terlibat dari pelatih, official, pemain, media official, hingga semua yang selalu bersama Persib turut dilakukan pemeriksaan," jelasnya menambahkan. 

Rafi menambahkan, tes tersebut merupakan tahap pertama yang dilakukan Persib. Karena, masih ada beberapa pemain yang belum datang ke Bandung, terutama legiun asing. 

Sebagai informasi, saat kompetisi dihentikan dan aktivitas latihan Persib diliburkan, mayoritas pemain memilih untuk pulang ke kampung halamannya dan menjalankan program latihan mandiri di kediamannya masing-masing. 

"Pemeriksaan ini seperti yang disebutkan Pak Gubernur akan dilakukan dalam dua tahap. Karena belum semua pemain dan official belum bisa berkumpul hari ini. Tapi kita pastikan  untuk berlatih bersama semua sudah melakukan tes PCR hari ini. Hari ini yang diperiksa dari pemain, pelatih dan official 46 orang," ucap Rafi. 

Sementara itu, saat kompetisi Liga 1 2020 pada pertengahan Maret lalu, Persib sudah melakukan swab tes. Tes tersebut dilakukan secara dua tahap, dan pada tahan kedua striker asing asal Brasil, Wander Luiz dinyatakan terpapar corona dan harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.