Bola Internasional

5 Bintang yang Alami Perubahan Nasib Drastis Usai Dilatih Pep Guardiola

Minggu, 5 Juli 2020 21:21 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Andres Kudacki/Associated Press
Berikut lima pemain sepak bola top dunia yang kariernya mengalami perubahan drastis setelah dilatih oleh Pep Guardiola. Copyright: © Andres Kudacki/Associated Press
Berikut lima pemain sepak bola top dunia yang kariernya mengalami perubahan drastis setelah dilatih oleh Pep Guardiola.

INDOSPORT.COM - Berikut lima pemain sepak bola top dunia yang kariernya mengalami perubahan drastis setelah dilatih oleh Pep Guardiola.

Sukses tidaknya karier seorang pemain tidak hanya bergantung pada kemampuan individu. Di banyak kasus, pelatih lah yang menentukan bagaimana nasib pemain asuhannya.

Salah satu pelatih terbaik dan terkenal di dunia, Josep Guardiola Sala atau yang akrab disapa Pep Guardiola, adalah contoh nyata. Ia telah mengubah nasib beberapa pemain yang pernah ditanganinya.

Guardiola mengawali karier kepelatihannya pada 2007 yang lalu, saat dimana ia menukangi Barcelona B. Namun karena kejeniusannya, Guardiola lantas diminta untuk melatih tim profesional Barcelona di LaLiga Spanyol.

Bersama klub Catalan itulah karier Pep Guardiola sebagai pelatih mendapat sorotan publik. Pasalnya, ia mampu mengubah Barcelona menjadi tim yang menakutkan karena pola permainan tiki taka yang diterapkannya.

Pep Guardiola berada menemani Lionel Messi dan kawan-kawan sejak 2008-2012. Meski hanya empat tahun, tapi sudah banyak gelar yang berhasil mereka raih. Guardiola akhirnya pindah ke Bayern Munchen dari 2013-2016. Lagi, di sini ia juga mampu meraih banyak gelar.

Setelah hengkang dari Munchen, ia diseret ke Etihad Stadium untuk menangani rival sekota dari Manchester United yang bernama Manchester City. Tak disangka, Guardiola pun tetap sukses di sana. Setahun setelah melatih mereka, ia memberikan gelar juara Liga Inggris 2017/18.

Salah satu alasan yang membuat dirinya mampu sukses di tiga liga top Eropa itu adalah karena kemampuan Guardiola untuk mengubah karier para pemainnya menjadi lebih baik. Melansir dari laman portal berita olahraga Squawka, berikut lima pemain yang nasibnya berubah setelah dilatih Guardiola.

1. Lionel Messi (Barcelona)

Siapa yang tidak kenal Lionel Messi? Ia disebut 'Pemain 1 Klub' karena kesetiaannya bersama Barcelona. Sebelum dilatih Pep Guardiola, Messi memang sudah menunjukkan kegemilangan dengan permainan lincahnya.

Namun ketika sudah bersama Guardiola, ia menjadi pemain yang lebih sempurna lagi. Bahkan, Messi mampu memenangkan Ballon d'Or pada 2009 dan penghargaan Pemain Terbaik FIFA untuk yang pertama kalinya.