In-depth

Mason Greenwood, Bocah Ajaib Pengobat Rindu Manchester United pada Rooney

Minggu, 5 Juli 2020 12:11 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Peter Powell/Pool via Getty Images
Penampilan gemilang Mason Greenwood di laga Manchester United vs Bournemouth kembali menegaskan dirinya sebagai calon penerus sejati Wayne Rooney. Copyright: © Peter Powell/Pool via Getty Images
Penampilan gemilang Mason Greenwood di laga Manchester United vs Bournemouth kembali menegaskan dirinya sebagai calon penerus sejati Wayne Rooney.

INDOSPORT.COM - Penampilan gemilang Mason Greenwood di laga Manchester United vs Bournemouth kembali menegaskan dirinya sebagai calon penerus sejati Wayne Rooney. 

Manchester United sukses melumat tamunya Bournemouth 5-2 di Stadion Old Trafford dalam laga pekan ke-33 Liga Inggris 2019-2020, Minggu 05(07/20). 

Man United tampil sangat dominan di laga ini dengan menguasai 72 persen penguasaan bola dan melepaskan 19 tembakan berbanding 6 milik tim tamu. 

Salah satu pemain Man United yang tampil mencuri perhatian di laga ini adalah Mason Greenwood. Pemain berusia 18 tahun itu mencetak dua gol kemenangan Man United pada menit ke-29 dan 54'. 

Dwigol Greenwood dilengkapi oleh aksi Marcus Rashford (35' p), Anthony Martial (45'), dan Bruno Fernandes (59'). Sementara Bournemouth hanya mampu membalas lewat Junior Stanislas (16') dan Joshua King (49' p).

Dalam laga ini Mason Greenwood mampu membayar kepercayaan yang diberikan oleh Ole Gunnar Solskjaer untuk mengisi pos penyerang kanan sebagai starter dalam formasi menyerang 4-3-3. 

Tak cuma membantu timnya menang, dua gol Greenwood juga mendekatkan dirinya pada rekor dua pendahulunya di Man United, yakni Wayne Rooney dan Michael Owen. 

Tambahan dua gol semalam membuat catatan gol Greenwood di Liga Inggris musim ini menjadi delapan gol. Greenwood hanya butuh satu lagi untuk menyamai pencapaian gol Wayne Rooney dan Michael owen saat keduanya masih berusia 18 tahun ke bawah. 

Bukan cuma itu saja, Mason Greenwood menjadi pemuda pertama yang berhasil mencetak 15 gol dalam satu musim di semua kompetisi untuk The Red Devils. Kehebatan Mason Greenwood pun kembali mengingatkan publik Old Trafford kepada bomber terbaik mereka, Wayne Rooney. 

Penerus Kejayaan Rooney

Selepas kepergian Wayne Rooney dari Old Trafford, Manchester United belum lagi mendapatkan striker yang benar-benar bisa diandalkan sebagai mesin gol. 

Man United memang memiliki sejumlah penyerang bagus setelah kepergian Rooney seperti Romelu Lukaku, Zlatan Ibrahimovic, sampai Marcus Rashford. Namun, tak ada satu pun yang mendekati pencapaian Wayne Rooney di Man United. 

Wajar memang, karena Wayne Rooney datang ke Old Trafford saat usianya masih 18 tahun. Sampai kepergiannya tahun 2017, Wayne Rooney telah menjadi legenda dengan torehan rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Setan Merah dengan 253 gol. 

Namun, kini pencarian Setan Merah akan hadirnya penerus Rooney sepertinya berakhir karena saat ini mereka memiliki Mason Greenwood, sosok pemuda yang menapaki jejak Rooney di tim Setan Merah. 

Keberhasilan Greenwood mencetak 15 gol (8 di Liga Inggris) musim ini mengingatkan publik Old Trafford kepada sosok Rooney. Greenwood berhasil membuktikan diri sebagai pemuda paling potensial di Manchester. Ia bahkan juga sudah menjadi andalan Timnas Inggris junior. 

Sosok Greenwood menjadi buah bibir di kalangan penggemar Manchester sejak menunjukkan sinarnya selama mengikuti tur pramusim bersama skuat senior Setan Merah pada Juli 2019 lalu. Saat itu ia mampu menyumbang satu gol dalam kemenangan 4-0 MU atas Leeds united. 

Nama Greenwood makin bersinar saat tampil membela Manchester United dalam laga International Champions Cup 2019 kontra Inter Milan. Greenwood yang turun berlaga sebagai pemain pengganti, sukses membawa Manchester United menang 1-0, berkat gol tunggalnya pada menit ke-76.

Penampilan apiknya di dua laga tersebut lantas membuat Greenwood mendapat banyak pujian. Bahkan, pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, tak ragu untuk menyanjung kualitas Greenwood setinggi langit.

"Dia (Greenwood) mengingatkan saya kepada sosok Ryan Giggs. Dia memiliki naluri mencetak gol yang tinggi. Saya berharap dia dapat terus mengembangkan bakatnya dan mencetak lebih banyak gol," ujar Solskjaer saat itu seperti dikutip dari Metro.