Liga Indonesia

Hasil Swab Test Pemain, Pelatih dan Official Persib Negatif Covid-19

Senin, 6 Juli 2020 15:28 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Arif Rahman/INDOSPORT
Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani, membeberkan hasil swab test 48 orang yang terdiri dari pemain, staf pelatih dan offical tim di Graha Persib. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani, membeberkan hasil swab test 48 orang yang terdiri dari pemain, staf pelatih dan offical tim di Graha Persib.

INDOSPORT.COM - Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani, membeberkan hasil swab test 48 orang yang terdiri dari pemain, staf pelatih dan offical tim di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (06/07/2020). 

Menurut Rafi, dari hasil swab tersebut seluruhnya dinyatakan negatif. Hal itu, menjadi kabar baik baik tim Persib yang akan memulai kembali latihan untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 2020

Sebagai informasi, swab tes yang didukung dan difasiltasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sengaja digelar, untuk memastikan saat Persib berlatih tidak ada yang terpapar virus corona

"Hasil pemeriksaan swab PCR dari 48 orang peserta dari mulai pelatih, pemain, offisial dan orang-orang yang nantinya terlibat dalam latihan pada tahap pertama ini Alhamdulillah hasilnya semua negatif," kata Rafi, Senin (06/07/2020). 

Setelah tes tahap pertama, Persib akan menggelar tes serupa bagi pemain yang belum datang ke Bandung. Sehingga, pemain yang bergabung dan berlatih kembali dengan skuat Maung Bandung dipastikan kondisinya bugar serta tidak terpapar virus corona. 

"Pemain yang belum bergabung, dan nantinya akan bergabung kita akan terapkan protokol kesehatan yang pertama. Jadi orang yang mau latihan itu harus melewati PCR dulu, dinyatakan negatif. Itu untuk lokal," ucap Rafi. 

"Untuk pemain asing sebelum datang ke negara kita, mereka sudah berbekal surat PCR dari negaranya," jelas Rafi. 

Swab tes dilipih Persib, untuk mengetahui seseorang terpapar atau tidaknya virus corona, karena dinilai lebih akurat dibandingkan dengan rapid tes. 

Selama beraktivitas, Persib akan menerapkan protokol kesehatan di dalam maupun luar lapangan. Bahkan, skuat Maung Bandung sudah bersepakat dengan pengelola Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, untuk menerapkan protokol kesehatan.