Liga Indonesia

Menengok Venue PON XX: Lapangan Mahacandra Uncen, Simpel Tapi Istimewa

Selasa, 7 Juli 2020 17:56 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Dok. Jagadnegoro2002
Penampakan Lapangan Mahacandra Universitas Cenderawasih. Copyright: © Dok. Jagadnegoro2002
Penampakan Lapangan Mahacandra Universitas Cenderawasih.

INDOSPORT.COM - Lapangan Mahacandra Universitas Cenderawasih (Uncen) yang terletak di Padang Bulan, Waena, Kota Jayapura menjadi salah satu venue yang dipersiapkan jelang perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 mendatang di Provinsi Papua.

Jika dilihat dari desainnya, venue ini tak semegah venue lainnya yang juga diperuntukkan jelang PON XX. Desainnya memang simpel tapi punya keistimewaan.

Lapangan Mahacandra ini memiliki suasana yang berbeda. Tak hanya menjadi sebuah venue, tapi pemandangan di sekelilingnya akan membuat pengunjung bahkan atlet yang bertanding merasa nyaman.

Pasalnya, Lapangan Mahacandra Uncen dikelilingi pepohonan rindang dan di satu sisinya nampak sebuah bukit dengan hamparan sabana yang kian menambah keindahan venue ini.

Hingga kini, proses pengerjaan Lapangan Mahacandra tinggal menyisakan penambahan tribun. Sementara, pengerjaan rumputnya sudah 100 persen rampung.

"Rumputnya tinggal pemerataan saja, karena ada bagian rumput yang belum tumbuh sempurna, jadi rumputnya belum rata semua," jelas Muslimin selaku salah satu tim perawatan rumput Lapangan Mahacandra Uncen, Selasa (07/07/20).

Lapangan ini juga memiliki kelebihan tersendiri. Selain menggunakan rumput jenis Zoysia Japonica, Lapangan Mahacandra sudah dilengkapi dengan sprinkler atau rotary water yang merupakan alat penyiraman rumput secara otomatis di 16 titik yang ada di dalam lapangan.

Perawatan Lapangan Mahancandra akan dilakukan hingga pelaksanaan PON. Selama perawatan, menurut Muslimin, hal yang mereka perhatikan ialah jadwal pemupukan, pemotongan, penyiraman serta pengawasan dari rumput liar.

"Rumputnya kami potong seminggu sekali, untuk rumput liarnya sih belum kelihatan, tapi namanya rumput liar pasti akan ada, tapi tidak banyak," pungkasnya.

Lapangan Mahacandra Uncen ini tak hanya menjadi venue pertandingan penyisihan cabang olahraga sepak bola. Namun juga bisa digunakan untuk menggelar pertandingan cabang olahraga atletik.