Liga Indonesia

Exco: Anggaran Piala Dunia yang Ajukan Kemenpora, Bukan PSSI

Rabu, 8 Juli 2020 20:03 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Israelly Kawengian/INDOSPORT
Salah satu anggota Executive Committee (Exco) PSSI, Yoyok Sukawi menjelaskan bahwa usulan anggaran untuk event Piala Dunia U-20 merupakan hak Kemenpora. Copyright: © Israelly Kawengian/INDOSPORT
Salah satu anggota Executive Committee (Exco) PSSI, Yoyok Sukawi menjelaskan bahwa usulan anggaran untuk event Piala Dunia U-20 merupakan hak Kemenpora.

INDOSPORT.COM – Salah satu anggota Executive Committee (Exco) PSSI, Yoyok Sukawi menjelaskan bahwa usulan anggaran untuk event Piala Dunia U-20 merupakan hak Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk menyampaikannya kepada Komisi X DPR RI.

Pria asal Semarang ini menjelaskan bahwa PSSI tidak memiliki kewenangan untuk mengajukan anggaran terkait Piala Dunia U-20 dan tidak ada niatan untuk mengajukan.

“Memang PSSI tidak mengajukan. Jadi PSSI dalam posisi tidak mengajukan dalam pelaksanaan atau pun persiapan karena ada beberapa hal."

"Seperti dulu kan PSSI berharap pemerintah bikin tim khusus untuk Piala Dunia, sekarang kan udah INASFOC, jadi kami tidak mengajukan soal anggaran,” ujarn Yoyok Sukawi awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Rabu (08/07/20).

“Kemudian untuk pelaksanaan, kami pun berharap dibantu oleh pemerintah sesuai akuntabilitas yang ada di Kemenpora. Misal anggaran akomodasi seperti hotel gitu baru PSSI dapat dari pemerintah, namun yang mengajukan anggaran bukan PSSI,” jelas Yoyok Sukawi.

Yoyok Sukawi yang juga anggota Komisi X DPR RI juga bercerita bahwa saat ini Kemenpora sudah menyampaikan usulan anggaran ke parlemen. Ia menyebut angka yang diusulkan kementerian yang dipimpin Zainudin Amali ini mencapai angka Rp600 Miliar.

“Sudah diajukan, jumlahnya 600 miliar. 400 miliar untuk pelaksanaan Piala Dunia U-20, 100 Miliar untuk persiapan Timnas, dan 100 miliar untuk peningkatan prestasi olahraga. Yang peningkatan 100 miliar itu coba saya check lagi detailnya seperti apa,” ungkap Yoyok Sukawi.

Kemenpora sendiri mengusulkan anggaran untuk event Piala Dunia U-20 2021 pada Kamis (02/07/20) silam saat rapat kerja dengan Komisi X. Namun hingga saat ini pihak Kemenpora tidak mau menyebutkan secara detail angka yang mereka usulkan.