Liga Indonesia

Seminggu Latihan, Begini Evaluasi Bima Sakti ke Pemain Timnas U-16

Minggu, 12 Juli 2020 13:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Bima Sakti memimpin latihan pemain Timnas Indonesia U-16 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Jumat (17/01/20). Copyright: © Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Bima Sakti memimpin latihan pemain Timnas Indonesia U-16 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Jumat (17/01/20).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 telah sepekan menjalani pemusatan latihan di Stadion Patriot, Bekasi. Pelatih Bima Sakti pun menganalisa perkembangan anak asuhnya selama enam hari terakhir.

Terkait kondisi fisik, Bima menjelaskan bahwa tim pelatih harus menyesuaikan dengan kondisi pemain dan diiringi menu latihan yang berbeda. Nantinya, pekan depan para pemain diberikan materi latihan baru.

"Kami mulai Senin lalu, latihan pengenalan lagi untuk filanesia, kemudian untuk latihan memang tetap jaga jarak. Tim pelatih tidak bisa memaksakan karena ini berbeda situasinya," kata Bima Sakti.

"Perkembangan pemain juga ada kemajuan setiap harinya. Nanti minggu kedua beda latihannya," imbuhnya.

Bima Sakti akan menyiapkan program latihan berbeda dari pekan pertama, setelah hasil swab test Covid-19 menyatakan semua pemain negatif. Sebelumnya para pemain berlatih dengan menjaga jarak dan tak bersentuhan fisik.

Latihan akan berlangsung hingga 29 Juli mendatang dan tertutup bagi penonton maupun media. Timnas U-16 juga rencananya menggelar laga uji coba dengan klub lokal pada pekan akhir pemusatan latihan.

"Protokol kesehatan harus dijalani dengan baik, itu semua ada pengawasan dari tim dokter. Para pemain kami lihat cepat beradaptasi pada TC kali ini mengingat semua kegiatan latihan harus melalui sejumlah protokol kesehatan, terutama penggunaan alat pelindung diri seperti masker," tutur Bima Sakti mengenai keseharian pemain.

Pemusatan latihan kali ini merupakan persiapan Timnas U-16 untuk mengikuti ajang Piala AFC U-16 2020 yang berlangsung di Bahrain, 25 November-12 Desember 2020 mendatang. Pada ajang tersebut, Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, China, dan Arab Saudi.